Rabu, 13 Maret 2013

Stop! Kebiasaan Buruk yang Tak Sehat Ini Jangan Dilakukan Lagi

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk itu banyak yang tidak sehat, sehingga perlu segera dihentikan. Ingat, kadang-kadang hal-hal sepele bisa menjadi masalah besar jika diabaikan.

Dikutip dari boldsky, Jumat (01/03/2013), ini dia beberapa kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan:

1. Tidak Mencuci Tangan

Ini merupakan kebiasaan yang tidak sehat. Sebelum makan Anda dianjurkan untuk mencuci tangan guna mencegah bakteri, kotoran dan kuman masuk ke dalam tubuh. Tetapi masih saja hal ini diabaikan karena kemalasan. Bahkan ketika seseorang mengingat harus mencuci tangan sebelum makan, hal itu tidak dilakukan karena malas.

2. Menggigit Kuku

Menggigiti kuku merupakan kebiasaan yang buruk. Seseorang yang mengalami ketegangan dan kecemasan, tanpa sadar seluruh kuku di jari tangannya sudah tercincang habis. Biasanya yang bersangkutan baru menyadari ketika sudah tidak ada lagi kuku untuk digigit.

Kuku bisa jadi tempat bersemayam kuman. Karena itu kebiasaan menggigiti kuku adalah kebiasaan yang sama sekali tidak baik karena kuman dengan mudahnya bisa masuk ke dalam tubuh.

3. Menggunakan Pakaian yang Tidak Dicuci

Banyak orang yang memiliki kebiasaan mengenakan pakaian yang sudah lama tidak dicuci. Celana jeans adalah jenis pakaian yang dikenakan berkali-kali oleh pemiliknya tanpa dicuci.

Tapi pakaian yang kotor adalah tempat yang sangat disukai oleh kuman. Bagaimanapun, gunakanlah pakaian yang bersih untuk menghindari infeksi dan alergi kuli.

4. Tidur Larut Malam

Tidur larut malam kerap kali membuat seseorang malas bangun pagi. Akibatnya bisa jadi sarapan dan olahraga menjadi terlewatkan.

Padahal melewatkan sarapan bisa membuat Anda makan siang sebelum waktunya atau justru makan dalam porsi besar. Alhasil program penurunan berat badan bisa kacai balau. Tanpa olahraga teratur, Anda juga akan kehilangan manfaat sehatnya. Apalagi kurang tidur juga bisa menjadi pemicu lahirnya berbagai penyakit.


5. Tidak Menyisir Rambut

Banyak kaum pria yang malas menyisir rambutnya. Padahal kebiasaan ini tidak hanya membuat rambut kusut tetapi juga menjadikan tidak higienis.

6. Menjilati Bibir

Bibir yang kering sangat rentan mengalami iritasi sehingga banyak orang tidak menyadari ketika mereka membasahi bibir mereka dengan lidah. Tapi ini merupakan kebiasaan buruk karena akan membuat bibir jadi menghitam. Membasahi bibir dengan lidah juga kerap diartikan sebagai sikap menggoda pasangan. Jadi jika bibir kering, sebaiknya oleskan saja lip balm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine