Rabu, 13 Maret 2013

Biji-bijian Ini Sering Terbuang, Padahal Sangat Menyehatkan

Kebutuhan nutrisi tidak selalu harus didapat dari makan besar yang mengenyangkan. Biji-bijian yang terkadang sering terabaikan, lalu terbuang menjadi limbah pun punya kandungan nitrisi yang layak diperhitungkan. Kecil, tapi berguna.

Biji semangka misalnya, terkadang hanya dibuang karena yang lebh disukai adalah daging buahnya. Hanya para pembuat kuwaci saja yang tertarik untuk mengumpulkannya, dan baru dilirik orang setelah tersaji menjadi camilan gurih kesukaan anak-anak.

Berikut ini beberapa contoh biji-bijian lain yang kaya nutrisi namun sering terabaikan, seperti dikutip dari Times of India, Rabu (20/2/2013).

1. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, yakni salah satu nutrisi yang membantu menjaga kesehatan sistem peredaran darah. Selain itu, biji ini juga mengandung triptifan yang bisa menenangkan otak supaya tidak mudah stres. Kebetulan, biji-bijian ini juga sering dibuat kuwaci.

2. Biji labu
Secara alami, biji buah labu punya kandungan yang mampu meredakan imflamasi atau radang. Manfaatnya banyak, yakni mencegah bergaia penyakit kronis yang dipicu oleh radang seperti kanker maupun gangguan jantung dan pembuluh darah. Kelebihannya adalah tidak punya efek samping seperti halnya obat.

3. Biji semangka
Biji-bijian ini sering menjadi limbah yang tidak termanfaatkan saat makan buah semangka. Beberapa orang mengumpulkannya untuk dikeringkan, dipanggang dengan garam lalu dijadikan kuwaci. Kandungan nutrisinya banyak, mulai dari zat besi, kalium, vitamin, lemak dan kalori yang penting untuk tubuh.

4. Biji wijen
Wijen adalah salah satu biji-bijian dengan kandungan nutrisi paling kaya di dunia. Di dalamnya terdapat kalsium, magnesium, tembagan, mangan, seng, vitamin dan serat. Senyawa antikanker, lignin juga banyak ditemukan dalam biji yang sering dipakai untuk pelapis jajanan pasar ini. Jangan lupa, minyaknya juga sangat berkhasiat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine