Kamis, 07 Maret 2013

10 Komik Jepang Terlaris Tahun 2012

1. One Piece (penjualan : 13,833,116)
Spoilerfor One Piece:

One Piece (ワンピース wanpīsu) adalah sebuah anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Luffy menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah gomu-gomu, salah satu dari buah iblis. Selama perjalanan luffy banyak bertemu dengan teman baru dan musuh yang beragam.

One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi TV nya dimulai pada Oktober 1999. Di Indonesia manga ini diterbitkan Elex Media Komputindo dan hingga kini telah mencapai jilid ke 60 lebih. Versi TV-nya, yang diproduksi Toei, telah mencapai 500 episode di Jepang. Selain itu, delapan film tuturannya juga telah beredar. Di Indonesia sendiri pernah ditayangkan di RCTI.

2. Naruto (3,081,822)
Spoilerfor Naruto:

Naruto (ナルト) adalah manga dan anime karya Masashi Kishimoto. Manga Naruto bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja remaja yang berisik, hiperaktif, dan ambisius; dan petualangannya dalam mewujudkan keinginan untuk mendapatkan gelar Hokage, ninja terkuat di desanya.

Manga Naruto pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke 43 majalah Shonen Jump). Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Popularitas dan panjang seri Naruto sendiri (terutama di Jepang) menyaingi Dragon Ball karya Akira Toriyama, sedangkan serial anime Naruto, diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex, disiarkan secara perdana di Jepang oleh jaringan TV Tokyo dan juga oleh jaringan televisi satelit khusus anime, Animax, pada 3 Oktober 2002 sampai sekarang. Seri pertama terdiri atas 9 musim. Musim pertama dari seri kedua mulai ditayangkan pada tanggal 15 Februari 2007. Di Indonesia, anime Naruto saat ini ditayangkan oleh Global TV yang akan pindah ke RCTI mulai 1 Februari 2011.

3. Hunter X Hunter (2,721,003)
Spoilerfor Hunter X Hunter:

Hunter × Hunter (ハンター×ハンター Hantā Hantā?) adalah serial manga karya Yoshihiro Togashi, yang bercerita tentang anak laki-laki berusia 12 tahun bernama Gon Freecss, dan usahanya untuk menemukan ayahnya, Ging Freecss. Ging adalah seorang Hunter, yang dalam cerita Hunter × Hunter yaitu anggota dari suatu kelompok elit yang memiliki segala macam izin untuk melakukan apapun dimanapun.

4. Uchuu Kyoudai (2,684,223)
Spoilerfor Uchuu Kyoudai:

Uchuu Kyoudai adalah serial manga yang dibuat oleh Chuya Koyama yang ditayangkan setiap minggu pagi. Manga ini telah didominasikan dua kali oleh Taisho Manga yaitu pada tahun 2009 dan 2010 dan juga banyak meraih berbagai penghargaan. Manga ini merupakan adaptasi dari A-1 Picture dan mulai ditayangkan di Jepang pada 1 April 2012.



5. Kimi no Todoke (2,316,005)
Spoilerfor Kimi no Todoke:

Kimi no Todoke adalah sebuah manga roman shojo yang dibuat oleh Karuho Shiina. Telah diterbitkan pada tahun 2005 dan telah menerbitkan 16 volume pada mei 2005, manga ini telah meraih berbagai penghargaan terutama sebagai manga terbaik Shojo pada tahun 2008. Dan merupakan sebuah manga yang diadaptasi menjadi film live action yang dirilis pada tahun 2010.

6. Fairy Tail (2,271,497)
Spoilerfor Fairy Tail:

Fairy Tail (フェアリーテイル Fearī Teiru?) adalah seri manga yang dibuat dan diilustrasikan oleh Hiro Mashima. Seri ini diterbitkan di Weekly Shōnen Magazine sejak 23 Agustus 2006, dan saat ini masih berlanjut. Bab-bab manganya sudah dikumpulkan, dan diterbitkan dalam buku tersendiri (tankobon). Di Indonesia sendiri sudah ada 12 volume yang dirilis.

Seri anime Fairy Tail produksi A-1 Pictures dan Satelight ini sudah dirilis di Jepang sejak 12 Oktober 2009 dan disiarkan oleh TV Tokyo, sedangkan di Indonesia ditayangkan oleh Indosiar sejak 22 Mei 2011. [1] Seri ini bercerita tentang petualangan Lucy Heartfilia yang seorang penyihir sesudah ia bergabung dalam guild (kelompok) Fairy Tail dan berpasangan dengan Natsu Dragneel, penyihir berelemen api yang tengah mencari naga bernama Igneel.

Seri Fairy Tail sudah dilisensi dengan bahasa Inggris di Amerika Utara oleh Del Rey Manga yang sudah merilis manganya sejak 25 Maret 2008.

7. Bakuman (1,986,502)
Spoilerfor Bakuman:

Bakuman (バクマン。?) ialah sebuah manga shōnen siri lukisan Obata Takeshi dan dikarang oleh Ohba Tsugumi yang juga merupakan pengkarya bagi manga Death Note. Bakuman terbentuk daripada dua kata yaitu "letupan" 爆発 (Bakuhatsu?) dan "komik" 漫画 (Manga?). Separuh daripada kata-kata tersebut diambil dan membentuk pormanteau "Baku-man". Siri ini mengisahkan pelukis berbakat Moritaka Mashiro dan penulis bercita-cita tinggi Takagi Akito, dua remaja sekolah yang ingin menjadi mangaka.

Seri pertama dilancarkan di Jepang pada 11 Agustus 2008 di dalam majalah Weekly Shonen Jump.[1] Jilid pertama dikeluarkan pada 5 Januari 2009 dan pada 4 November 2009 (2009 -11-04), lima novel grafik telah dikeluarkan. Selama dua minggu pertama keluar, novel grafik pertama berjaya menduduki tempat keempat dan kesembilan dalam jualan manga di Jepang. Ia juga merupakan manga pertama yang diterbitkan secara langsung oleh Shueisha dalam berbagai bahasa sebelum ada dalam cetakan di luar Jepang. Semasa Comic-Con International 2009 San Diego, Viz Media mengumumkan bahawa mereka telah melesenkan hak cipta seri ini bagi majalah Shonen Jump di negara Barat.

8. Kuroko no Basket (1,969,727)
Spoilerfor Kuroko no Basket:

Kuroko No Basuke adalah sebuah manga Jepang mengenai bola basket yang diilustrasikan oleh Tadatoshi Fujumaki. Manga ini mulai diluncurkan pada Desember 2008 dan menceritakan tentang sebuah sekolah yang memiliki pemain generasi keajaiban dan memiliki mimpi untuk bermain ditingkat nasional. Manga Kuroko No Basuke kemudian diadaptasikan menjadi anime oleh Production I.G pada April 2012.

9. Bokura ga Ita (1,725,725)
Spoilerfor Bokura ga Ita:

Bokura Ga Ita adalah sebuah manga romance Jepang yang dibuat oleh Yuki Obata. Yang menceritakan tentang sebuah hubungan antara seorang anak bernama Motogaru Yano dan seorang gadis bernama Nanami Takahashi mulai dari remaja sampai mereka berumur 20 tahun. Awal mula dirilis pada tahun 2008 dan kembali diterbitkan pada tahun 2009. Manga ini diadaptasi menjadi sebuah serial 26 episode anime yang mulai ditayangkan pada 3 Juli – 26 Desember 2006.

10. Shingeki no Kyojin (1,715,41)
Spoilerfor Shingeki no Kyojin:

Shingeki no Kyojin adalah manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hajime Isayama, yang diatur dalam dunia dimana sisa-sisa populasi manusia hidup didalam kota-kota yang dikelilingi oleh dinding besar karena kemunculan Titans. Makhluk humanoid raksasa yang memakan manusia tanpa alasan.


Ya itulah 10 Manga terlaris yang diterbitkan di Jepang.
Manga One Piece sebagaimana tahun ke tahun sebelumnya tetap dominan di posisi puncak (Di tahun 2011 dominan dengan hampir 38 juta copy penjualan, jauh di atas posisi kedua yang hanya kurang dari 7 juta penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine