Rabu, 13 Maret 2013

Kencing Sedikit Tanda Ginjal Bermasalah?

Pernahkah dalam sehari Anda sama sekali tidak mengeluarkan air kencing? Atau mungkin Anda pernah mengalami rasa ingin buang air namun yang keluar hanya sedikit? Perhatikan gejalanya. Hal ini bisa jadi Anda sedang mengalami gangguan pada ginjal Anda.

"Tidak ada penyakit gagal ginjal, yang ada adalah penyakit ginjal kronik dan gangguan ginjal akut. Penyakit ginjal kronik merupakan gangguan struktur ginjal yang telah berjalan lebih dari 3 bulan dan disertai dengan gangguan fungsi bisa juga tidak. Sedangkan gangguan ginjal akut merupakan penurunan fungsi ginjal dan berjalan cepat, namun bersifat reversibel atau bisa kembali normal," tutur Dr dr Parlindungan Siregar, SpPD, KGH, dalam perbincangan dengan detikHealth seperti ditulis pada Rabu (13/3/2013).

Dia menjelaskan masyarakat menyebut gagal ginjal untuk penyakit ginjal kronik yang penanganannya harus melakukan cuci darah seumur hidup, atau bahkan transplantasi ginjal.

"Normalnya jumlah urine seseorang dapat dihitung. 1 Ml/Kkg berat badan/jam. Misalnya, berat badannya 60 kg berarti 60 ml kali 24 jam. Jika dihitung maka hasilnya 1,8cc/kg/jam. Jika kurang dari 1 cc/kg/jam berarti sudah memasuki tahap gangguan ginjal," jelas dr Parlin.

Penyakit ini akan semakin memasuki stadium lanjut apabila Anda sama sekali tidak mengeluarkan urine dalam satu hari. Hal ini bisa saja akibat batu yang menyumbat di antara saluran ginjal dan kandung kemih Anda.

Anda dapat mencegah penyakit ini dengan menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi cukup air. Selain itu tentunya dengan tidak menunda-nunda untuk ke toilet saat terasa ingin kencing.

Nah, coba sekarang Anda mulai berhitung berapa banyak urine yang seharusnya Anda keluarkan dalam 24 jam. Jika kurang dari jumlah normal, hati-hati akan mengalami gangguan ginjal akut. Segera periksakan diri Anda apabila hal ini sering terjadi. Sayangi ginjal Anda sebelum terlambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine