Rabu, 13 Maret 2013

Ini Caranya Menebus Kesalahan yang Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

Setiap orang pernah khilaf dan berbuat salah, seperti halnya khilaf melakukan kesalahan yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Sebelum risiko kesehatan bertambah buruk, kesalahan-kesalahan tersebut bisa ditebus dan diperbaiki dengan menerapkan pola hidup sehat.

Tentunya semua orang ingin selalu sehat dan panjang umur. Tapi ada banyak sekali godaan ataupun tugas yang harus dilaksanakan sehingga membuat rencana hidup sehat jadi berantakan. Misalnya begadang, makan makanan tak sehat, ataupun merokok.

Kesalahan-kesalahan tersebut dapat ditebus dengan beberapa cara seperti dilansir oleh Body and Soul, Senin (11/2/2013), yaitu:

1. Kebanyakan begadang
Begadang dan kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan keesokan harinya. Sebuah penelitian menemukan bahwa tidur kurang dari 8 jam sehari dapat mengakibatkan kehilangan produktivitas. Untuk membayar kerugian ini, melunasi tidur yang kurang di akhir pekan dapat membantu.

Sebaiknya memang waktu tidur dan istirahat direncanakan dengan matang agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi jika sudah begitu sulitnya mengatur jadwal, selalu sediakan waktu di akhir pekan untuk sepenuhnya bersitirahat dan tidak memikirkan pekerjaan.

2. Merokok
Orang yang sedang berupaya berhenti merokok seringkali tergoda untuk menyulut kembali batangan tembakau di mulutnya. Yah, ada kalanya keinginan itu begitu kuatnya sampai sulit dibendung. Barang sebatang saja mungkin tak masalah. Tapi jangan lantas malah meneruskannya dan kembali mencandu rokok.

Sebab jika benar-benar berhenti merokok, maka kerusakan tubuh yang diakibatkan asap rokok akan pulih dengan sendirinya, selama kerusakan yang diakibatkan tidak parah. Penelitian menemukan, hanya dalam waktu 3 bulan setelah berhenti merokok, rambut-rambut halus di paru-paru mulai pulih, artinya paru-paru memiliki kemampuan untuk membersihkan diri.

Dalam kurun waktu setahun, risiko penyakit jantung bisa berkurang separuhnya. Dalam waktu 5 tahun setelah berhenti merokok, risiko stroke menurun secara drastis.

3. Makan berlebihan
Saat stres dan lari ke makanan, terkadang tanpa disadari lingkar pinggang menggembung dengan sendirinya. Dengan perbaikan pola makan dan mengatur asupan kalori, maka kenaikan itu masih bisa dikoreksi.

Tambahkan juga makanan yang banyak mengandung lemak baik seperti minyak zaitun, alpukat dan kenari untuk membantu menurunkan kolesterol. Untuk masalah makanan ini, sebaiknya dilakukan secepatnya dan jangan menunda-nunda.

4. Minum alkohol
Kebanyakan alkohol bisa bikin mabuk dan jelas bisa merusak hati dan ginjal. Untuk membersihkan efek alkohol pada tubuh, perlu dilakukan detoksifikasi. Caranya dengan berpantang alkohol selama beberapa hari berturut-turut.

Kabar baiknya, hati dapat memperbaiki dirinya sendiri secara alami. Proses pemulihan ini bisa dibantu dengan menerapkan pola makan yang baik, menjaga berat badan ideal dan berolahraga secara teratur.

5. Kulit terbakar matahari
Paparan sinar matahari untuk jangka waktu lama dapat membuat kulit kusam dan kering. Untungnya kini sudah ada teknologi dan kosmetika yang dapat mengurangi garis-garis keriput, pigmentasi dan hilangnya elastisitas kulit.

Perawatan kulit secara teratur akan memicu mekanisme pembentukan kulit kembali dan membantu menciptakan sel kulit baru yang sehat. Untuk menghindari kerusakan lebih lanjut, gunakan tabir surya yang diperkaya dengan SPF.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine