Rabu, 13 Maret 2013

5 Trik Melindungi Diri Sendiri dari Kuman Nakal

Kuman penyebab penyakit baik berupa virus maupun bakteri bisa berada di mana saja. Tapi jangan khawatir, ada 5 trik yang bisa dilakukan untuk melindungi diri sendiri dari kuman nakal agar tidak sakit.

Sebagian besar orang ketika sakit flu atau pilek, seringkali dokter memberikan obat antibiotik untuk menyembuhkannya. Padahal penggunaan antibiotik secara berlebihan bisa menyebabkan resisten dan membuat tubuh lebih mudah terkena kuman.

Meski begitu masih ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari bahaya kuman penyebab penyakit, seperti dikutip dari abc.net.au, Jumat (15/2/2013) yaitu:

1. Mencuci tangan
Mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, atau setelah dari kamar mandi bisa membatasi penularan bakteri yang menyebabkan penyakit dan juga mencegah penyebaran infeksi.

Kuncinya adalah membersihkan bakteri dari tangan setelah memegang barang-barang tertentu dan sebelum berinteraksi dengan mata, hidung atau mulut. Gunakan sabun dan air mengalir atau pembersih tangan dengan kadar alkohol tertentu untuk membatasi penyebaran penyakit.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Tubuh manusia telah dirancang dengan sangat baik dalam melawan infeksi, tentunya saat kondisi sehat. Namun ketika sistem imun tubuh terganggu, maka seseorang jadi berisiko terkena penyakit karena tubuh tidak cukup kuat memerangi serangan yang datang.

Cara terbaik menjaga sistem kekebalan tubuh tetap baik adalah melakukan vaksinasi secara teratur, memberikan tubuh nutrisi yang baik dari makanan, mendapatkan tidur yang cukup, olahraga dan mengurangi stres.

3. Jangan berlebihan mengonsumsi antibiotik
Antibiotik sebenarnya hanya efektif melawan infeksi bakteri, karena itu sebagian besar antibiotik diberikan pada kondisi yang salah misalnya untuk penyakit akibat virus.

Ketika antibiotik digunakan pada orang yang sebenarnya tidak membutuhkan, justru meningkatkan resistensi dan memicu munculnya kuman super (superbug). Untuk itu selalu tanyakan pada dokter apa penyebab penyakitnya sehingga bisa diketahui butuh antibiotik atau tidak, dan tidak semua penyakit perlu antibiotik.

4. Hati-hati saat traveling
Seseorang lebih mudah kontak dengan superbug ketika sedang traveling atau jalan-jalan, terutama melalui makanan, minuman dan juga udara. Untuk itu perlu diingat bahwa makanan yang masih panas selalu lebih aman dibanding dengan makanan dingin atau yang tidak dimasak, ini karena panas bisa membunuh bakteri.

5. Sebisa mungkin jauh-jauh dari rumah sakit
Jika kondisi tubuh sehat dan tidak bekerja di rumah sakit, sebaiknya jauh-jauh dari rumah sakit. Jika kondisi tidak optimal dan masih bisa diatasi sendiri sebaiknya tetaplah di rumah, karena ketika kekebalan tubuh menurun dan datang ke rumah sakit untuk hal yang tidak diperlukan, bisa membuatnya lebih berisiko terinfeksi.

Namun jika tidak ada pilihan lain dan harus ke rumah sakit, pertimbangkan untuk menggunakan pembersih tangan, tak perlu keliling-keliling tapi cukup di area tertentu saja yang memang seharusnya berada. Untuk pasien, jika memungkinkan cobalah keluar ruangan karena udara segar sangat penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine