Rabu, 13 Maret 2013

Kesalahan ini Bisa Menyabotase Manfaat Sehat Olahraga Pagi

Jangan heran jika Anda tetap melihat tumpukan lemak di perut atau otot tubuh yang kendur meski telah berolahraga setiap pagi sebelum beraktivitas. Mungkin Anda melakukan beberapa kesalahan yang dapat membuat manfaat baik olahraga menjadi sia-sia.

Seperti dikutip Fit Sugar, Rabu (13/3/2013) berikut adalah 4 kesalahan yang mengurangi manfaat sehat olahraga pagi, antara lain:

1. Anda memakai sepatu hak tinggi sepanjang hari
Sepatu hak tinggi mungkin akan membuat penampilan Anda tampak lebih baik, tetapi hal ini dapat merusak manfaat olahraga yang Anda lakukan di pagi hari. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa memakai sepatu hak tinggi secara teratur dapat memperpendek otot betis, yang dapat menyebabkan tumit menjadi kaku dan kelelahan otot.

Hal ini dapat membuat olahraga di pagi hari tidak ada artinya sama sekali, selain itu juga risiko cedera akan lebih besar. Sehingga batasi penggunaan sepatu hak tinggi atau hanya mengenakannya maksimal dua kali seminggu.

2. Anda duduk terlalu lama
Orang yang pekerjaannya selalu memanfaatkan komputer, akan menghabiskan sebagian besar waktunya bekerja dengan duduk di kursi kantor. Ada banyak alasan mengapa Anda sebaiknya bangkit dari duduk dan berjalan-jalan sejenak, salah satunya adalah agar olahraga yang Anda lakukan tadi pagi tidak sia-sia.

Terlalu lama duduk dan menyilangkan kaki dapat menurunkan sirkulasi darah dan menyebabkan punggung bagian bawah terasa nyeri atau nyeri sendi. Sesekali bangkitlah dari kursi Anda untuk mengambil minum, jalan-jalan kecil di dalam ruangan, atau berjalan ke kantin ketika makan siang.

3. Anda makan terlalu banyak (atau terlalu sedikit) sebelum berolahraga
Terlalu banyak makan sebelum berolahraga dapat menghambat latihan dengan menyebabkan kram atau membuat Anda merasa lesu. Tapi tidak cukup makan sebelum berolahraga dapat menyabotase energi dan membuat Anda kelelahan.

Makanlah secukupnya dengan makanan yang mengandung protein dan dapat dicerna dengan baik oleh tubuh sebelum memulai olahraga.

4. Anda kurang tidur
Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh tidak berenergi ketika bangun di pagi hari, sehingga olahraga tidak akan optimal dan Anda melewatkan manfaat sehatnya. Tidurlah lebih awal di malam hari agar bangun tidur penuh energi dan siap untuk berolahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine