Jumat, 27 Februari 2015

8 Website Bahas Bahasa Indonesia Yang Perlu Kamu Tahu

8 Website Bahas Bahasa Indonesia Yang Perlu Kamu Tahu
Suka Menulis atau Bermain-main kata? 8 Situs Bahas Bahasa Indonesia Ini Pasti Kamu Perlu
Yihi, Provoke! ngebahas bahasa Indonesia lagi nih. Kali ini soal situs-situs dan akun-akun media sosial sakti yang pasti berguna banget untuk temen-temen yang hobi nulis atau bermain-main kata. Kamu bercita-cita jadi reporter, penulis, copywriter, atau editor? situs ini siap ngasih pembekalan untuk kamu. P! pun sering banget ngulik situs-situs ini kalau lagi nulis. 
Markimak, mari kita simak!

KBBI Daring
kbbi daring
Rasanya situs satu ini mah udah  banyak yang tau yah. Ya, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring (dalam jaringan) ini penolong untuk kita-kita ketika bertemu dengan kata Indonesia yang 'asing' di otak atau emang pengin tahu definisi umum sebuah istilah.
KBBI ini juga tersedia versi offlinenya dalam wujud software, bisa diunduh legal dari link ini 
Kateglo
kateglo
Kateglo ini mirip kayak KBBI Daring. Kateglo adalah kamus, tesaurus dan golosarium bahasa Indonesia. Ya, sebutlah ini alternatif dari KBBI Daring. Sedikit berbeda dengan KBBI Daring, Kateglo tampilannya lebih clean dan desainnya lebih oke. Selain itu Kateglo juga punya fitur pencarian yang lebih spesifik lagi. Pun kita bisa mencari kata yang mengandung suku kata tertentu, mencari sinonim atau akronim kata. Yang hobi bermain-main kata pasti doyan deh ngulik Kateglo ini.
Rimakata.com
Rima KAta
Pengin bikin status twitter yang ada rimanya? butuh asupan diksi untuk ide judul tulisan? situs ini jawabannya. Rimakata.com membantu kita untuk menemukan kata dengan suku kata yang sama, entah itu di akhir atau pun di depan.
Misalnya, kita ingin mencari kata yang punya suku kata akhir sama seperti kata 'Gundam'. Maka ketiklah kata tersebut, web akan menampilkan sederetan kata-kata bersuku kata akhir -dam.
Biasanya, rima kata itu identik dengan persamaan suku kata terakhir kan? nah, website ini ngasih opsi lebih. Ya, kita bisa nyari kata dengan rima akhir tak sempurna, yaitu persamaan bunyi pada bagian suku kata akhir; rima akhir ganda, persamaan bunyi pada dua suku kata terakhir; rima ganda tak sempurna, persamaan bunyi pada sebagian dua suku kata terakhir; dan rima awal, yaitu rima suku kata depan.
Tanja Bahasa
Tanja Bahasa
Tanja? apa itu? sedot tanja? bukan! Tanja satu ini adalah singkatan dari tanya jawab. Yap situs ini adalah tempatnya kita bertanya soal bahasa Indonesia. Bingung mana yang benar antara 'praktek' dan 'praktik', apa perbedaan 'misalnya' dan 'misalkan'?  Situs yang diasuh oleh seorang pehobi bahasa Indonesia, Ivan Lanin, ini siap menjawabnya, dengan logika, bukan dengan dogma.
Oya, Tanja Bahasa juga punya akun Twitternya, loh. Asik untuk difollow.

Hmm. nanya soal bahasa #kode si doi bisa juga nggak yah?
Blog Rubrikbahasa
rubrik bahasa
Cukup banyak media cetak yang punya rubrik bahasa di dalamnya, sebut saja Tempo dan Kompas. Isi rubrik itu adalah tulisan esai tentang bahasa Indonesia secara mendalam dan kadang kritis. Biasa ditulis sastrawan, ahli bahasa atau orang-orang yang berhubungan dengan bahasa Indonesia. Nah, di website ini banyak banget rubrik bahasa dari media cetak yang ditulis ulang dan dimuat biar bisa dijangkau kita-kita.
Bahasakita.com
bahasakita
Pengin belajar bahasa Indonesia dalam bahasa Inggris? di sini tempatnya. Ya, situs yang diluncurkan sejak 2007 ini emang dikhususkan untuk penutur asing, turis, dan tenaga kerja asing. Tapi, tentu, karena emang dasarnya bahasa Indonesia itu menarik ya situs ini juga jadi menarik untuk siapa pun yang hobi belajar bahasa. Bahasa Kita  sering menjelaskan dengan gamblang perbedaan antara bahasa formal dan informal. Memuat kosa kata baru dan menjelaskan kata kata slang baru yang kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari.
@Bahasa_Kita

Ini adalah akun resminya Bahasakita.com. Berbeda dengan di web, akun Twitter @bahasa_kita ini menggunakan bahasa Indonesia di cuitannya. Isinya sama seru dengan web.
@Spa_si

Akun twitter satu ini fokus mengulas bahasa jurnalistik yang menjunjung efesiensi kalimat dan sangat menghindari bias makna. Dari akun Twitter ini kita jadi tahu bahwa salah penempatan koma saja makna kalimat bisa beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine