Jumat, 27 Februari 2015

5 Kondisi Yang Mulai Tersisih Karena Teknologi Makin Canggih



satu
Sebuah obrolan pagi tentang teknologi dan kehidupan sehari-hari, antara si (?) dan si (!)  
(?) =  Apa kabar nih? gimana gimana, udah ngucapin selamat pagi ke seluruh followers di Twitter? Ucapin dulu dong, walau lo nggak ngucapin selamat pagi sama nyokap lo di rumah seenggaknya udah ngucapin ke seluruh dunia ya kan?!
Terus, terus, udah ngabacain 367 chat dari grup-grup WhatsApp lo? Jangan di-read doang, nanti dianggep orang paling cuek dan nyebelin di seluruh dunia, loh. Mau?! Eh, sambil bales chat liat ini deh, udah tau belum kalau Budi Giniwin ternyata sepupuan sama Ivin Guniwin? Baca gih, capture, terus share ke temen-temen lo. Bikinin memenya juga sekalian. temen-temen lo pada doyan berita sensasional kan?
O ya, tapi friend request-nya belum lo approve. udah dicek?  sekalian tuh kirim ucapan ke empat temen lo yang ulang tahun, nggak usah panjang-panjang, cukup lima huruf aja "HBD YA".
Wuih, lagi denger lagu sambil ngeliatin sepatu baru lo nih ceritanya? di-Path dong, udah dua hari juga kan lo nggak nge-Path, nanti dikira ilang loh! Loh, kok, lu malah ngerjain tugas sih. Liat dulu nih, band Ganteng-Ganteng Seringai abis ngeluarin merchandise baru. Pesen dulu deh, bro.
(!)  = Husss. Cerewet amat sih!
(?)  = Haha. Gimana? seru kan hidup di jaman yang teknologinya serba canggih sekarang ini?
(!) = Hmm.. Seru sih, tapi... kayak ada yang ilang
(?)  = Wuih, apa tuh?!
(!) = Nggak tau
(?)  = Loh kok?
(!) = Iya, nggak tau. Dulu kan teknologi cuma jadi alat, sekarang teknologi jadi tempat seluruh kegiatan hidup sehari-hari meletak. Persis kayak yang dibilang sama ibu Karlina Supelli di artikel yang pernah di-share temen gue.
(?)  = dan kita jadi terbiasa ngejalanin hidup dengan budaya yang diciptakan sama teknologi? pengen serba cepat, dan pengin ngedapetin banyak hal gitu yah?
(!) = Nah, betul. Betul! Terus gara-gara tinggal di jagad yang serba canggih ini jadi ada hal-hal yang nggak dianggep canggih yang disisihkan yah? ngerasain nggak?
(?)  = Apaan aja tuh?!
(!) = Hmmm.... kayaknya sih...

((( PELAN )))
2
(?)  = Bwoelah, sampe pake tanda kurung tiga gitu. Maksudnya apa sih?
(!)  = Biar kayak tereak-tereak bergema getoooh.
(?)  = haha. Boleh boleh.... Btw,  iya juga sih, sekarang kata 'pelan', 'santai', 'lambat', 'lelet' atau 'lemot' jadi negatif konotasinya. Kenapa bisa gitu yah?!
(!) = Yap! kita jadi pemuja kecepatan.  Bales chat harus cepet, accept friend request harus cepet,  naikin berita harus cepet. "as soon as posible" jadi moto nyaris semua aspek di dunia ini, apalagi setelah teknologi memudahkan kita bahkan ngedukung kita untuk bercepat-cepat.
(?)  = Tapi apa iya dengan berpelan-pelan kita beneran akan ketinggalan? bukannya dengan pelan-pelan kita jadi penuh penghayatan?Bukannya justru dengan bercepat-cepat di banyak hal bikin kita jadi nggak tau apa yang sebenarnya kita kejar?
(!) = Hmm, jangan-jangan oleh teknologi bercepat-cepat ini kita cuma dibuat lari mondar-mandir, pontang-panting di labirin yang nggak pernah ada habisnya.
(?)  = terus, apa lagi?!

(!) =  ((( FOKUS )))
3
(?)  = Waah, iya tuh. Sekarang  banyak kan tuh muncul buku dan artikel psikologi dan motivasi gitu yang temanya 'fokus'. Iya nggak sih?
(!) = Yoi pace, coy! Maklum, fokus udah susah banget diamalkan.
(?)  = Tapi bolu kukus tetep enak dimakan kan?
(!) = Yee, becanda! Ya gitu deh, di era digital ini kita punya banget akses menuju situs-situs yang fun, fenomenal, unik, atau bahkan syur! Dan konten-konten di Internet itu deras banget debitnya. Kadang, kita jadi serakah, nggak mau ketinggalan. Kita jadi lengket banget sama gadget.
(?) =  Haha. Gue mau nanya. Lo kalau beol sambil bawa hape nggak? nonton tivi sambil buka Twitter? belajar di kelas sambil main games?
(!) = Lebih dari itu. Bahkan sekarang gue juga lagi latihan untuk tetap ngeliat mata lawan bicara sementara tangan gue sibuk chatting.
Ya gitu deh, era digital emang bikin kita gampang sekali menemukan hal baru, tapi di waktu bersamaan kita juga bisa kehilangan tujuan. Karena sibuk melompat dari grup chat ke 9Gag ke artikel politik ke thread Kaskus ke Instagram-nya Diyah Yellow, kita jadi 'hilang' alias lupa sama apa-apa yang sebenernya kudu kita lakukan.
(?) = Uhhhhh. Terus, terus,  apa lagi

(!) = ((( SEPI )))
4
(?) =  Sepi? hmmm. Oh iya yah. Coba gue tanya nih. Kapan terakhir kali lo ngerasa bener-bener kesepian dan sibuk sendiri? Apa saat itu lo bener-bener sendiri menyepi?
(!) = Hmm, kayaknya, sekarang ini, sesendiri-sendirinya kita pun, kita sendiri bersama. Yap, alone together. ((( ALONE TOGETHER )))
Dalam kesendirian, kita tetap bisa mengakses keramaian, entah secara sadar maupun terpaksa.
(?) = Tsaelah. lagunya Dewa 19 yang "di dalam keramaian aku merasa sepi"  jadi nggak laku dong?
(!) =  Ketika lagi diem di kamar sendirian misalnya, gue masih dikunjungi ratusan pesan dari groupchat WhatsApp, memerhatikan obrolan orang-orang di Twitter, ikut mendengarkan lagu yang sedang di #Nowplaying-kan orang-orang;
(?) = hihi. kita jadi mikirin pikiran orang lain, dong?
(!) = Sedap! Lanjut yah...

((( ABSENSI )))
5
(?) = Pasti lo mau ngomongin soal FOMO yah?
(!)  = Nah, tu tau! gejala FOMO alias fear of missing out mewabah. Kita takut dianggap hilang dari pergaulan. Kita takut ketinggalan zaman. Kita dibuat terus merasa harus melapor.
(?) = Ke pak RT?
(!) = Bukan! ke media sosial! Udah gitu laporannya pun nggak cuma kayak isi formulir absen yang tinggal contreng, kita dibuat (seolah) harus mengirimkan laporan berupa foto baju yang sedang kita pake, judul lagu yang sedang kita dengar, tempat kerja kita sekarang, temen-temen kita sekarang, apa isi hati pikiran kita dan titik koordinat keberadaan kita.
(?)  Padahal, apa salahnya yah dengan ketidakhadiran? Apa salahnya dengan hanya mengada di realitas yang sedang kita jalani di depan mata aja?
Terus, terus, apa lagi? yang terakhir deh!

(!) = ((( BERKECUKUPAN )))
6
(?) = Okeh. setuju! kayaknya ini nih dampak dari segala dampak teknologi informasi di era digital ini deh. Setuju nggak lo?
(!) = Yoi, karena banyak banget hal seru yang bisa kita dapat dengan mudah, kita jadi gampang tergoda. Jadi banyak maunya. Nggak pernah ngerasa cukup
Ngeliat ada yang baru punya pacar, jadi pengin nambah pacar lagi. Ngeliat foto temen lagi liburan, jadi pengin liburan. Ngeliat ada yang makan sushi jadi pengen gorengan
(?) = loh kok?!
(!) =  Haha. Intinya, kita perlu melatih diri untuk nggak ngerasa tersiksa dengan menuruti hasrat sesaat. Dan merasa cukup.

(?) = Okeh, udah kan yah? udah doong? masa banyak banget sih. Gue jadi ngeri sendiri sama teknologi. Kayaknya gue kudu ngejual smartphone gue nih yah?  Balik ke hape polyphonic yang games-nya cuma ada snake.
(!) = Yee, masa kalah sih sama teknologi! Jangan lah! Kita harus bisa bersiasat. Dan harus sepakat, kalau teknologi adalah alat.
(?) = Iye deh iye... Btw, ternyata kita obrolan kita diliatin temen-temennya si P! nih. Mereka boleh join juga nggak? boleh kan? boleh dong?!
(!) = Boleh-boleh, komentar juga boleh. Wajib malah. Huehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine