Senin, 10 Desember 2012

Buah dan sayuran bisa kurangi risiko kanker payudara

Studi terbaru menyatakan bahwa wanita yang gemar mengonsumsi sayuran dan buah-buahan berisiko rendah terkena kanker payudara.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa nutrisi, yang disebut karotenoid, dapat menghambat pertumbuhan tumor dan mengurangi penyebaran kanker payudara.

"Karotenoid banyak ditemukan dalam wortel, bayam, tomat, paprika, ubi jalar, dan sayuran lainnya. Zat ini juga membantu mengurangi risiko " kata Dr Stephanie Bernik, kepala bedah onkologi di Lenox Hill Hospital di New York City, sebagaimana dilansir Health.com (9/12).

Dalam studi terbaru, para peneliti yang dipimpin oleh A. Heather Eliassen dari Brigham and Women's Hospital and Harvard Medical School, di Boston, menganalisis data dari ribuan wanita yang berpartisipasi dalam delapan studi sebelumnya - yang membahas tentang pengaruh kadar karotenoid dan kanker payudara.

Hasilnya menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat karotenoid yang tinggi dan berkurangnya risiko kanker payudara, terutama pada kanker ER-negatif (kanker yang tidak merespon estrogen). Sementara itu, ada bukti lain yang mengatakan bahwa karotenoid juga menghambat pertumbuhan ER-positif (kanker yang merespon estrogen).

Diet kaya karotenoid yang berasal dari buah-buahan dan sayuran menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko kanker payudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine