Kamis, 27 Maret 2014

Pertanyaan dan Jawaban ( Manusia dan Tanggung Jawab)

1. Mengapa anak kecil tidak bertanggung jawab dan mengapa Orangtua nya yang harus   menanggung nya ?

Jawab: Karena anak kecil belum tahu menahu soal tanggung jawab, rasa tanggung jawab itu timbul ketika iya tumbuh dewasa dan melihat berbagai pengalaman yang nantinya menjadi pelajaran terhadap anak tersebut , peran orangtua sendiri tentu saja bertanggung jawab penuh terhadap anaknya seorang ayah bertanggung jawab untuk menafkahi keluarganya dan seorang ibu yang bertanggung jawab untuk mengurus anaknya. orang tua juga harus memberi pengajaran tentang tanggung jawab itu sendiri terhadap anaknya.


2. Dalam Bertanggung jawab apakah membutuhkan pengorbanan ?

Jawab: Iya, dalam bertanggung jawab tentu saja membutuhkan pengorbanan sebagai contoh Seorang ibu yang bertanggung jawab terhadap anaknya, ,misalnya anak bayi yang menangis dimalam hari seorang ibu harus menenangkannya padahal ketika itu waktunya jam tidur. (pengorbanan waktu), Contoh lain seorang pengunjung toko furniture yang sedang melihat-lihat barang dan tak sengaja memecahkannya maka ia harus bertanggung jawab untuk mengganti barang tersebut ia mengorbankan uang nya untuk ganti rugi barang tersebut. (pengorbanan dalam bentuk materi).

3. Manakah yang harus didahulukan Tanggung jawab kepada diri sendiri atau Tanggung jawab kepada masyarakat? (sebagai contoh ketika ada tetangga yang meninggal dunia dan di saat itu pula kita harus bekerja)

Jawab: Menurut kelompok kami alangkah baiknya bertanggung jawab terhadap masyarakat dahulu dan kita tahu sudah menjadi kewajiban kita untuk saling bantu-membantu sesama manusia yang tentu saja dengan penuh rasa keikhlasan , namun terkadang ada juga manusia yang hanya mementingkan dirinya sendiri. untuk hal ini tergantung masing-masing individu sendiri.

4. Bagaimana bentuk tanggung jawab terhadap orang yang sakit hati ? (sebagai contoh sepasang kekasih yang dimana wanita nya tersakiti hatinya oleh pria dan pria tersebut harus bertanggung jawab)

Jawab: yang harus dilakukan yaitu meminta maaf kepada orang yang tersakiti melakukan perminta maaf sendiri juga merupakan bentuk suatu pertanggung jawaban , kita tidak boleh lari begitu saja dari permasalahan , selanjutnya bila keadaan sudah agak membaik rundingkan lah dan mencari jalan keluar yang terbaik untuk nanti kedepannya.

5. Anak paling besar dalam sebuah keluarga yang tidak sanggup untuk menafkahi adik-adiknya ,( yang dimana mereka ditinggalkan oleh kedua orang tua mereka) , apakah hal tersebut dapat dikatakan sebagai kegagalan dalam bertanggung jawab?

Jawab: iya , jika anak tersebut sudah cukup umur untuk bekerja , tetapi jika ia masih di bawah umur saudara merekalah yang mungkin harus bertanggung jawab untuk sementara dalam menafkahi nya, jika anak yang paling besar sudah cukup umur dan bisa bekerja maka kewajiban ia untuk bertanggung jawab terhadap adik-adiknya.

6. Bagaimana bentuk Konkret dari Pengabdian?

Jawab: Pengabdian merupakan perbuatan baik yang berupa pikiran dan pendapat sebagai perwujudan kesetiaan, atau suatu kesetiaan yang di lakukan dengan ikhlas.Pengabdian itu ada hakekatnya yaitu rasa tanggung jawab. Apabila orang bekerja keras seharian penuh itu untuk mencukupi kebutuhannya. Lain halnya jika kita hanya membantu teman dalam kesulitan mungkin sampai berhari-hari itu bukan pengabdian, tetapi hanya sebuah bantuan saja.

7. Dalam Tanggung jawab kepada negara , Bagaimanakah tanggung jawab seorang Presiden kepada negaranya?

Jawab: Presiden harus menjalankan haluan negara menurut garis garis besar yang ditetapkan Majelis. Presiden diangkat oleh Majelis,bertunduk dan bertanggung jawab pada majelis. Ia ialah "mandataris" dari Majelis. Ia berwajib menjalankan putusan-putusan Majelis. Presiden tidak "neben",akan tetapi "untergeordnet" kepada majelis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine