Kamis, 27 Maret 2014

Manusia dan Kebudayaan

Manusia

Manusia adalah makhluk yang paling sempurna diantara makhluk lainnya , manusia juga merupakan makhluk sosial yang memiliki tujuan didalam hidupnya, lalu dengan semakin berkembang nya pemikiran-pemikiran, keinginan-keinginan dan tujuannya ,sehingga manusia mulai berpikir mengenai konsep untuk mengubah gagasan-gagasan mereka,gagasan-gagasan inilah yang menimbulkan suatu kebudayaan ,karena ide atau gagasan merupakan suatu unsur kebudayaan. dengan pemikiran-pemikiran dan interaksi tersebut manusia secara turun temurun menurunkan warisan budayanya masing-masing.

KebudayaanKebudayaan adalah yang terbatas kepada hal-hal yang indah , seperti candi-candi , tari-tarian,seni rupa,seni musik, kesusastraan, dan filsafat.kebudayaan merupakan keseluruhan gagasan dari hasil karya manusia dalam rangka kehidupan bermasyarakat yang dijadikan milik manusia.ada 3 unsur kebudayaan:-Ide-Aktifitas-Artefak

IdeIde juga bisa dikatakan sebagai gagasan-gagasan,nilai,norma,peraturan dan sebagainya. wujud ide dari kebudayaan ini bersifat abstrak , tidak dapat diraba atau difoto. lokasinya ada di dalam kepala atau dengan perkataan lain, dalam alam pikiran warga masyarakat tempat kebudayaan bersangkutan itu hidup. ide dan gagasan manusia banyak yang hidup bersama dalam suatu masyarakat  dan memberi jiwa pada masyarakat itu sendiri. gagasan-gagasan ini saling berkaitan erat dan menjadi suatu sistem.

AktifitasSistem sosial yang merupakan tindakan dari seorang individu yang berpola, sistem sosial ini terdiri dari aktifitas-aktifitas manusia yang berinteraksi ,berhubungan,bercengkrama,berbaur,berintegrasi,bergaul,bersosialisasi satu sama lain dari detik ke detik ,dari hari ke hari, dan dari tahun ke tahun, selalu menurut pola pola tertentu yang berdasarkan adat tata etika atau kelakuan.

ArtefakMerupakan Wujud kebudayaan secara Fisik , berupa seluruh hasil fisik dan aktifitas , perbuatan, dan semua karya manusia dalam masyarakat, sifatnya paling konkret dan berupa benda-benda yang atau hal-hal yang dapat diraba,dilihat, dan difoto.

Hubungan Manusia dan KebudayanManusia dan Kebudayaan Merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan , kebudayaan merupakan tindakan yang berulang-ulang yang dilakukan oleh manusia, manusia menciptakan kebudayaan , setelah kebudayaan itu tercipta maka kebudayaan itu akan mengatur manusia agar sesuai dengannya. Bila dilihat pada masa sekarang Kebudayan yang ada sejak zaman dahulu semakin hilang karena seiring perkembangan zaman, pergantian kebudayaan sekarang merupakan gagasan-gagasan baru yang timbul akibat pemikiran manusia , faktor utamanya mungkin karena rasa ingin merubah sesuatu yang kuno menjadi hal hal yang baru. maka dari itu untuk mempertahankan kebudayaan itu sendiri kita bisa memikirkannya dan merenungkan bersama manakah budaya yang patut kita lestarikan dan mana yang tidak, mana yang membawa dampak positif dan mana yang membawa dampak negatif.

Kesimpulan

Hal - Hal yang didapatkan setelah mendengarkan presentasi ., melalui contoh studi kasus dan dapat diambil kesimpulan bahwa kebudayaan perlu dilestarikan terlebih di negara indonesia ini , negara kita penuh dengan ragam kebudayaan jika tiap kebudayaan itu di lestarikan maka kita bisa mewujudkan bahwa negara kita mempunyai keindahan yang dibuat oleh kita sendiri bukan dari negara lain yang dimana kita ketahui kebudayaan asing malah banyak ditiru dan di terapkan dalam industri hiburan, maka dari itu sebisa mungkin dimulai dari sekarang kita harus mengajarkan dan mengembakan kebudayaan indonesia yang sangat beragam ini , dimulai dari daerah yang kita tempati hingga daerah-daerah lain walaupun tak harus mengajarkan keseluruhan setidaknya kita bisa tahu bahwa inilah indonesia inilah ragam kebudayaan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine