Senin, 09 November 2015

Belajar dari Persib dan Persipura ..


bro bray islampos turi
“PERSIB juara, Bray…”
“Wah, ternyata si Bro ngikutin juga sepak bola yah…”
“Ya finalnya aja sih, final Piala Dunia aja nonton, masa di rumah sendiri dilewatin…”
“Ane sih kuatirnya, Bro, itu tayangan ga islami buwat ente…”
“Hehehe…. Kita hidup di Indonesia, Bray, seperti yang ane sering bilang…”
“Hubungannya sama sepak bola apaan, Bro?”
“Bray, ane juga kagak paham apa hubungannya ada atawa kagak antara sepak bola dengan kita sebagai Muslim. Cuma, ane, ente, kita tuh hidup di Indonesia, seenggak-nggaknya kita ngasih perhatian lah sama apa yang sedang terjadi di Indonesia sekarang ini…”
“Kayak pemilu kemarin ya, Bro…”
“Persis itu dia Bray yang pengen ane bahas…”
“Emang kenapa, Bro?”
“Ane cuman 15 menit terakhir sebelum adu penalti tadi malam…”
“Nahhh, kemana aja sebelom-sebelomnya, Bro?”
“Hehehe, ada pengajian dulu, Bray…”
“Pastinya lagi ngaji, pikirannya ke bola melulu kali…”
“Biasa aja kali, Bray…”
“Bisa aja ngelesnya ente, Bro…”
“Tapi menurut ane, andai aja kita bisa belajar sama Persib ama Persipura…”
“Lha, belajar gimana, Bro? Sepak bola mah sepak bola aja… Jangan dibawa serius bangat…”
“Ane setuju, Bray. Momen itu sama seperti momen lain dalam hidup kita, tinggal di Indonesia ini,.. Andai aja dunia politik kita bisa seperti itu ya…”
“Nah lho ada apaan pula ke politik-politik lagi ujung-ujungnya…”
“Ane kagak begitu suka sepak bola, tapi ana kagum pas babak final itu…”
“Maksudnya, Bro…?”
“Ya, coba ente liat Bray, pas Persib menang adu penalti, para pemain Persipura masih tetap tersenyum, meluk pemain-pemain Persib, ngasih selamat…”
“Oh iya, ya, Bro… Ane malah nggak merhatiin…”
“Pan ente mah gibol, Bray…”
“Hehehe…”
“Nah, kenapa ya setelah pilpres lewat, kita udah punya presiden baru, kita nggak bisa kayak Persib dan Persipura?”
“Maksud lo, Bro?”
“Ya itu, acaranya sudah selesai, bully-bully-an masih aja jalan terus di masing-masing pendukung…”
“Iya, ya, Bro… Jadi ente udah mulai setuju nih sama presiden baru kita…?”
“Wah Bray, kapan ane nyatakan nolak presiden baru?”
“Lha, pan kemaren-kemaren ente rajin bangat ngritik presiden baru… Soal menteri perempuan lah soal kabinet yang kelamaan lah, seolah-olah ga ada baik-baiknya pemerintah baru ini…”
“Yeey, bukan begitu juga kali, Bro… Namanya juga kita zaman media sosial kayak gini, tahun 2014 kayak gini, ya wajar aja dong ngasih kritik. Kritik yang disampein juga kan santun dan dalam proporsi yang wajar…”
“Kalau yang ditangkep polisi itu gimana, Bro, ente setuju juga?”
“Kalaw emang kelewatan, ya musti dibersihin. Islam nggak ngajarin kayak gitu juga…”
“Nah?”
“Tapi musti dicatat juga ya, Bray, bahsawanya ketika ketika kita ngasih kritikan jangan lansung serta-merta ngecap kita ini PKS, FPI, kolot, atawa kita ini pendukung kubu sebelah yang nga terpilih dan kemudian apalagi ngusir-ngusir kita supaya pergi ke luar negeri… Muke gile dah ah…!”
“Lha?”
“Ya kita ngasih kritik, kritik kita tuh karena semata-mata yang dikritik tuh karena ada di wilayah publik gitu, pejabat lagi. Ya sesuai kepatutan lah…”
“Misalnya?”
“Rakyat Indonesia tuh udah mulai melek, Bray, siapa yang ada di pemerintahan. Kalaw semisalnya artis perempuan ngerokok, biasanya kagak dipermasalahin, tapi kalau pejabat pemerintahan melakukan seperti itu, wajarlah menuai omongan… Sesuai kepatutan itu…”
“Wah ane kagak tau harus ngomong apaan nih, Bro…”
“Oh ya Bray, ada satu lagi tuh yang ane suka dari pertandingan Persib sama Persipura…”
“Ooo… masih belum selesai ya bolanya. Apaan tuh, Bro?”
“Ane seneng pas pembagian hadiah juara, anak-anak para pemainnya dibawa juga ke lapangan. Di Indonesia, itu sesuatu bangat gitu…”
“Emang kenapa, Bro…?”
“Ah, udahlah Bray … kayaknya ente mah kagak konek …”
“Lha, Bro, jangan gitu dong… Ente kurang tidur kali ya?”
“Lhaa?!!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine