Selasa, 03 Januari 2017

Teknologi 'Highlight' di 2017 ..

Teknologi Penghindar Tabrakan Mobil Swakemudi
Teknologi Penghindar Tabrakan Mobil Swakemudi

Tahun lalu para pakar teknologi mengatakan, drone akan menjadi salah satu produk unggulan 2016. Benar saja, drone sudah mudah ditemui.
Kemudian kemanan sidik jari akan lebih cepat teradopsi. Hal tersebut terbukti dengan implementasinya pada beberapa perangkat mobile.
Untuk tahun ini, beberapa pakar teknologi juga mengeluarkan banyak versi tentang 'highlight' produk dan inovasi. Laman Mashable merangkumnya sebagai berikut :

Virtual Reality

Meski sudah bombastis pada tahun ini, Virtual Reality (VR) tetap tidak kehilangan pesona pada tahun depan. Kenapa? Karena banyak produk VR yang akan meluncur di 2017. Sebab, tahun ini boleh saja dunia sudah mengenal VR lebih dalam. Namun produk pendukungnya masih terlampau sedikit. Gaung VR juga akan terjadi dalam media sosial. Salah satunya Facebook yang berjanji akan merilis eye-poping demonstration. Facebook menggandeng F8 sebagai produsen hardware VR. Belum bisa dipastikan jenis produknya, tetapi disinyalir akan berbentuk tongkat selfie VR. Wow!

Augmented Reality

Ada VR, ada pula Augmented Reality (AR). Tahun depan akan menjadi hari lahir terbesar bagi AR. Beberapa perusahaan pengembang teknologi dunia sudah ambil kuda-kuda. Salah satunya Microsoft yang sudah menyiapkan platform Windows Holographic. Bentuk fisiknya memang masih belum bisa dibayangkan. Namun pengalaman pengguna Windows pasti akan lebih kaya. Hebohnya lagi, Apple akhirnya mengadopsi AR, lho! Sepertinya 2017 juga akan menjadi tahun kemenangan bagi AR yang sanggup mengalahlan VR. Sebab, AR akan tertanam pada perangkat mobile. Bahkan beberapa game ternama, seperti Star Trek, akan menggunakan AR.

Teknologi Layar

Sebelumnya kita sudah merasakan teknologi layar yang mampu memutar video 4K. Selanjutnya dunia akan lebih termanjakan dengan OLED screen. Teknologi di atas LED tersebut tidak hanya mendukung kualitas gambar baik. OLED screen akan membuat perangkat menjadi lebih ringan karena layar super tipis. Konsumsi daya juga lebih kecil sehingga menghemat energi baterai. Beberapa pemain besar, seperti LG, Samsung, dan Apple dipercaya akan membuat inovasi mengenai layar tersebut.

Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) memang sesuatu yang membuat khayalan menjadi kenyataan. Siapa sangka saat ini seseorang bisa memiliki asisten pribadi dengan mudah melalui perangkat ponsel pintar. Keberadaan AI akan tetap sama di tahun depan. Hanya saja perangkat yang mendukung teknologi tersebut akan jauh lebih banyak. Microsoft berencana akan membuat Cortana Device tahun depan. Tunggu saja.

Human Augmentation Technology

Siapa yang tak kenal Pepper, Asimo, atau Menagerie? Ketiga robot tersebut begitu terkenal karena sangat pintar. Tubuhnya juga sudah bergerak seperti manusia. Namun ternyata, tahun depan para peneliti akan mulai mengembangkan Human Augmentation Technology atau robot setengah manusia. Salah satunya Exoskeletons, yakni robot yang membantu manusia berjalan. Dunia akan semakin nyata seperti film Iron Man, ya.
Baterai dan Data

Lithium-ion akan semakin canggih sebagai baterai. Tidak hanya tahan lama tapi juga dijamin aman. Kemudian teknologi analisa data dari 'big data' akan kian populer. Perusahaan dan programmer handal akan memanfaatkan gunungan data tersebut. Namun diprediksi, hanya 'smart company' saja yang akan melakukan hal tersebut.

Keamanan, Privasi, dan Biometrik

Sistem keamanan tetap akan menjadi isu paling 'seksi' di era digital. Pembobolan sistem akan tetap ada, bahkan semakin canggih. Apabila sebelumnga sidik jari saja mudah ditembus, para pengembang mulai memutar otak. Teknologi pindai bola mata dan sejenis biometrics technology lainnya akan rilis pada 2017 nanti.

Transportasi Generasi Milenials

Self driving car atau mobil tanpa supir akan segera hadir dalam skala besar. Hal tersebut dikemukakan Elon Musk secara nyata. Transportasi mobil tanpa supir akan menjadi andalan pada generasi milenials. Bahkan proyek Hyperloop One sebagai kereta super cepat di dunia akan terus berdatangan. Tidak hanya Dubai atau Uni Emirates Arab saja yang tergerak, namun beberapa negara maju lainnya akan mulai mencoba. Indonesia kapan, ya?

Personal Streaming dan Pakaian Pintar

Di era big video, gempuran perangkat perekam akan semakin menggila. Belum lama Spectacles dari Snapchat membuat dunia gempar. Diprediksi, akan muncul beberapa produk 'aneh' yang bisa merekam secara mudah. Bahkan manusia akan mulai sering bertanya 'kamu lagi rekam aku, ya?'. So, setelah kaca mata kamera mungkin akan ada jam kamera? Benda-benda pintar juga akan merambah pakaian. Google's Project Jacquard dan beberapa perusahaan tekstil akan berinovasi terhadap teknologi pakaian pintar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine