Selasa, 03 Januari 2017

Para Haji adalah Duta-Duta Allah ..



muslimvoices.org
Jamaah Haji saat wukuf di Arafah.

Orang-orang yang mengerjakan haji dan orang-orang yang mengerjakan umrah adalah duta-duta Allah. Jika mereka memohon kepada-Nya, pastilah dikabulkan-Nya. Jika mereka meminta ampunan, pastilah diampuni-Nya. (HR Nasa'i dan Ibnu Majah, dari Abu Hurairah).

"Duta-duta Allah itu ada tiga golongan. Yaitu, orang yang menunaikan haji, orang yang umrah, dan orang yang berperang." (HR Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Habban).

Segala punya bagi Allah yang telah menjadikan para haji, juga orang-orang yang umrah sebagai duta-duta-Nya. Sebuah penghormatan dari Allah SWT yang telah menganugerahi kedudukan mulia ini bagi orang-orang yang menunaikan haji. Dan sebagai duta Allah, maka Dia memberikan dua jaminan yang sangat diharapkan oleh para hamba-Nya yang menunaikan ibadah haji dan umrah. Yaitu, doa-doa mereka, permohonan-permohonan mereka pasti dikabulkan Allah, dan dosa-dosa yang mereka mintakan ampunan-Nya pasti memperoleh ampunan-Nya.

Pertanyaannya, adakah seorang haji yang berangkat ke Tanah Suci yang tidak disertai dengan permohonan, doa-doa yang hendak mereka sampaikan kepada Allah?

Tentu, kata Ustaz Muhammad Rusli Amin dalam bukunya berjudul 'Misteri Wukuf di Arafah' yang diterbitkan Penerbit Al Mawardi, banyak permohonan yang akan mereka (haji) sampaikan. Itu, sebagaimana juga mereka berangkat ke Tanah Suci dengan membawa doa-doa dan mengharapkan ampunan Allah SWT atas dosa-dosa tersebut.

Dan untuk harapan dan maksud tersebut, mereka memperoleh jaminan Allah SWT: :Jika mereka memohon kepada-Nya pasti dikabulkan-Nya, dan jika mereka meminta ampunan-Nya,pastilah diampuni-Nya. Karena mereka adalah duta-duta Allah."

"Jika tiba hari Arafah, Allah akan turun ke langit dunia. Lagi Dia membanggakan mereka kepada malaikat, "Lihatlah hamba-hamba-Ki. Mereka datang kepada-Ku dalam keadaan kusut dan berdebu dari berbagai penjuru yang jauh. Aku persaksikan kepada kalian bahwa aku telah mengampuni mereka." Kemudian para malaikat berkata, "Wahai Tuhan, si fulan orang yang berdosa." Maka Allah berfirman, "Aku telah mengampuni mereka." Maka, tidak ada satu hari yang lebih banyak orang yang terbebas dari neraka daripada hari Arafah." (Ibnu Mandah memuat di dalam kita At-Tauhid).

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla mendekat ke langit dunia pada malam Arafah. Kemudian Dia menghadap kepada para malaikat-Nya seraya berfirman, "Ketahuilah, setiap utusan akan mendapatkan hadiah. Mereka itu utusan-utusan (duta-duta)-Ku yang dalam keadaan kusut dan berdebu. Berikanlah kepada mereka segala yang mereka minta, dan gantilah semua yang mereka infakkan."

Jika tiba saat matahari terbenam, Allah akan menghadap mereka seraya berfirman, "Ketahuilah sesungguhnya Aku telah menghapus seluruh keburukan kelian karena kebaikan kalian, dan Aku akan memberikan apa yang kalian minta. Ucapkanlah kalian 'Dengan Nama Allah'." (Diriwayatkan dari jalur Al-Walid ibn Muslim, dia berkata bahwa Abu Bakr ibn Abu Maryam mengabarkan dari Al-Asyakh dari Nabi SAW).

Wahai para haji! Mintalah kepada Allah tentang apa saja untuk kebaikan dunia dan akhirat, karena kita sedang berada dalam jaminan Allah untuk memperoleh pengabulan atas semua permintaan itu. Mintalah kepada Allah apapun untuk kebaikan dunia dan akhirat, karena segala perbendaharaan kebaikan dan keberuntungan ada di sisi Allah yang berlimpah yang tidak pernah akan habis.

Dan kita pun memohon kepada Allah, sejak naik kendaraan, memasuki tanah haram, memasuki Masjid Al Haram, melihat Baitullah, kita berdoa ketika thawaf, setelah thawaf, kita memohon di Multazam, di Hajar Aswad, di maqam Ibrahim, di sumur zamzam. Kita berdoa ketika sa'i antara Shafa dan Marwah, ketika berdoa tatkala wuquf di Arafah dan seterusnya. Mintalah sebanyak-banyaknya kepada Allah. Berdoalah dan teruslah bedia.

"Ingatlah bahwa hanya pada saat inilah kita menjadi duta-duta Allah, ketika haji dan umrah. Kita berada dalam jaminan: doa-doa pasti dikabulkan dan dosa-dosa pasti diampuni," kata Ustaz Muhammad Rusli Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine