Kamis, 30 Juni 2016

Mengenal Karakter Orangtua dalam Mendidik Anaknya ..


-
Membahas tentang pertumbuhan dan perkembangan seorang anak tidak akan terlepas dari peran orangtuanya. Peran tersebut bukan hanya pada arti sempit seperti bagaimana dukungan orangtua untuk memberikan pendidikan terbaik dan fasilitas lengkap. Namun, cara hingga karakter orangtua dalam mendidik anak ternyata juga memiliki pengaruh yang penting.

Setiap orangtua pastinya memiliki cara dan metode tersendiri dalam mendidik anaknya. Biasanya cara dan metode tersebut sangat dipengaruhi dari karakter masing-masing. Berdasarkan penelitian yterhadap berbagai karakter orangtua dalam mendidik anaknya, karakter tersebut bisa dikategorikan menjadi empat:

1. Ambitious Commander 
Tipe orangtua ini adalah orangtua dengan karakter yang proaktif. Biasanya mereka akan mengupayakan semaksimal mungkin kemampuan anak mereka untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun, saking ambisiusnya bahkan cenderung memaksa. Orangtua tipe ini mendominasi keputusan anak terhadap pendidikan mereka, baik dalam memilih sekolah, jurusan, karier, bahkan hal-hal seperti tempat kursus.

2. Silent Achiever
Tipe orangtua yang ini pada dasarnya masih memiliki karakter yang proaktif dan ambisius, namun berbeda dengan Ambitious Commander, tipe orangtua ini tetap memberikan kesempatan bagi anaknya untuk berpendapat. Tipe Silent Achiever ini cenderung lebih memberikan dorongan kepada anak secara diam-diam, dan tidak terkesan memaksakan kehendaknya. Mereka lebih mengawasi anaknya dari jauh tanpa melibatkan diri terlalu dalam.

3. Short-Term Worrier
Tipe yang ini lebih kepada tipe orangtua yang bertindak reaktif, yakni baru bertindak jika melihat ada sesuatu yang salah dengan anaknya. Misalnya, ketika anak mendapatkan nilai jelek dalam mata pelajaran bahasa Inggris, orangtua tipe ini baru mencarikan tempat les untuk anaknya. Tipe ini lebih banyak khawatir terhadap tantangan masa depan untuk anaknya.

4. Happy-Go-Lucky
Tipe terakhir merupakan tipe orangtua yang santai. Mereka melengkapi kebutuhan anak sesuai dengan kemampuan dan minat anak mereka, mereka juga tidak khawatir terhadap tantangan yang dihadapi anak di masa depan serta percaya terhadap kemampuan & talenta anaknya.

-

Manakah karakter yang baik untuk mendidik anak?
Tidak ada yang salah dengan keempat karakter orangtua tersebut. Karena, ada anak yang memang memerlukan dorongan yang lebih dari orangtuanya untuk sukses, namun ada juga yang malah menjadi tertekan apabila terlalu dipaksa. Pada dasarnya, semua kembali lagi dengan karakter sang anak. Dengan mengetahui yang mana tipe Anda sebagai orangtua dan mengetahui karakter anak Anda, Anda bisa mengetahui bagaimana menyeimbangkannya.

Menyadari besarnya peranan dari orangtua dalam pendidikan anak,  menggabungkan pembelajaran akademis di dalam kelas dengan pembelajaran di luar kelas yang menyenangkan melalui EFEKTA System dan guru yang profesional. EF juga melibatkan orangtua dalam setiap tahap perkembangan anak. Melalui aplikasi EF Parents. Aplikasi ini memungkinkan orangtua untuk bisa mengawasi anaknya ketika sedang belajar di kelas.

-
Apapun tipe Anda sebagai orangtua,  pastikan Anda memilih EF English First sebagai partner Anda membimbing anak untuk siap menghadapi tantangan masa depan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine