Senin, 06 Oktober 2014

Ruang Tamu Minimalis

Ruang tamu adalah ruangan penting yang harus ada di dalam rumah. Di ruangan ini pemiliki rumah menjamu tamunya. Ruang ini juga letaknya di depan sendiri sehingga tatanannya harus serapi dan sebagus mungkin karena segala apa yang ada di ruangan ini mencerminkan pemilik rumahnya. Itulah mengapa ruang tamu perlu diperhatikan dengan baik. meskipun desain ruang tamu mungil, tapi bisa disiasati dengan baik. Walaupun memiliki ruang tamu berukuran kecil, tapi bisa didesain dengan konsep ruang tamu minimalis mungil. Desain interior ruang tamu mungil juga menggunakan konsep minimalis.
Dalam menata atau mendesain ruang tamu, tidaklah perlu yang ukurannya besar atau luas. Dengan ukuran yang terbatas kita juga bisa membuat ruang tamu terlihat lebih bagus dibandingkan dengan ruang tamu yang ukurannya lebih luas. Tapi tentu saja dengan ukurannya yang kecil perlu inovasi yang lebih untuk memberikan sedikit lebih menarik. Hal pertama yang menjadi pertimbangan adalah ruang tamu tidak perlu dipenuhi dengan barang-barang yang bisa membuat ruangan menjadi tambah sumpek dan sempit. Sehingga diperlukan hal yang bisa membuat ruang tamu menjadi terlihat lebih luas.
Ruang tamu minimalis memang biasa digunakan pada model rumah minimalis maupun pada apartemen minimalis yang membutuhkan ruang space yang lebih. Pemilihan jenis furniture memberikan faktor penentu untuk membuat ruang tamu yang minimalis bisa terlihat lebih luas atau malah lebih sempit. Pilih sofa dan meja yang ukurannya sedang dengan model yang bagus agar tetap terlihat modern. Sofa dan meja yang memiliki corak dan motif yang tidak ramai akan terlihat lebih simpel. Atau bisa menggunakan dua buah sofa saja dan sebuah meja kecil dengan kaca transparan.
Pemilihan warna
cat
tembok untuk ruang tamu dengan perabotan pada ruang tamu juga harus sesuai. Warna yang senada akan membuat ruang tamu terlihat lebih elegan. Kombinasi antara warna serta bahan material yang diapaki terkadang membuat ruang tamu menjadi terasa lebih hidup. Kombinasi warna yang bagus dapat membuat ruang tamu yang kecil menjadi terlihat lebih luas dan lebih lega. Hindari menggunakan warna yang terang dan mencolok karena hanya akan membuat ruang tamu terlihat tidak minimalis. Sehingga tidak memberikan kesan kepada para tamu yang datang.
Selain kesan lega didapatkan dari warna yang senada, penggunaan warna yang lembut seperti misalnya warna krem, putih, kuning lime, kuning gading, dan turquoise juga membuat ruang tamu yang sempit terlihat lebih luas. Warna-warna tersebut juga cocok dipadukan dengan berbagai furniture. Untuk mendapatkan kesan yang lebih menarik dan juga dinamis, bisa ditambahkan dengan memberikan warna yang terang seperti warna hijau lime atau merah pada dindingnya sehingga ruang tamu yang minimalis tetap terlihat nyaman. Corak warna seperti ini banyak diterapkan pada ruang tamu rumah minimalis atau apartemen minimalis.
Aksesoris ruang tamu bisa digunakan untuk mempercantik ruang tamu. Tapi pengaturan aksesoris juga perlu diperhatikan dan tidak menghalangi jalan keluar masuk serta aman untuk anak-anak. Rak atau lemari yang ukurannya besar sebaiknya tidak diletakkan di ruang tamu. Pilih aksesoris yang kecil sesuai dengan ukuran ruang tamu dan warna dinding pada ruangan agar ruang tamu yang kecil terlihat lebih cantik lagi. Jika ingin menggunakan lemari, sebaiknya pilih lemari yang berkaca agar tampak luas bisa terlihat meskipun ruang tamu berukuran kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine