Jumat, 20 Mei 2016

Yuk, Coba Jadikan Investasi Sebagai Gaya Hidup ..

Berinvestasi Hampir setiap orang mendambakan masa depan yang lebih baik. Investasi merupakan salah satu cara yang bisa membantu untuk mencapai tujuan-tujuan yang ingin diraih di masa depan.

"Untuk tujuan panjang ternyata menabung saja tidak cukup akan lebih mudah mencapainya jika dengan investasi. Namun, tak semua orang mampu disiplin menyisihkan uangnya setiap bulan untuk investasi," ujar Perencana Keuangan, Pandji Harsanto, CFP, kepada Republika.co.id, Jumat (20/5).

Menurutnya, kesulitan semacam itu bisa jadi muncul karena banyaknya kebutuhan yang belum terpenuhi serta godaan menghabiskan uang untuk hal-hal yang kurang produktif. Padahal, jika direnungi baik-baik, setiap orang juga harus pandai menyisihkan uangnya untuk mewujudkan berbagai tujuan di masa depan.

Tujuan tersebut bisa berupa pernikahan, memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak, memiliki kendaraan pribadi, memiliki rumah tinggal, memiliki dana untuk masa pensiun, dan sebagainya. "Investor bisa bersikap disiplin dalam berinvestasi dengan mengingat tujuan keuangan yang ingin dicapai," ujarnya.

Ingatlah, betapa pentingnya untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Anda harus mengetahui tujuan investasi untuk apa?

Dengan mengingat tujuan keuangan maka seseorang dapat kembali merenungi apakah semua penghasilannya akan dihabiskan untuk keperluan yang konsumtif saja? Mengingat tujuan keuangan bisa membuat seseorang juga mengingat bahwa dirinya harus menyisihkan dana untuk menabung dan investasi.

Misal, saat sepasang suami istri harus menyiapkan dana untuk kuliah anaknya, masa kuliah si anak akan dimulai dua belas tahun mendatang. Kala waktunya tiba nanti, dana tersebut tentu harus sudah siap. Waktu yang panjang itu bisa dipergunakan untuk investasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine