Senin, 07 Desember 2015

5 Inovasi Ilmuwan Muslim yang Masih Tetap Dipakai ..

Dream – Tak banyak yang tahu, ternyata ada begitu banyak penemuan mengejutkan yang terjadi dalam dunia Islam. Berbagai penemuan itu telah membentuk dunia modern seperti saat ini. Semua informasi penemuan terhebat dalam dunia Islam itu tercetak dalam buku ‘1001 Inventions’. Buku ini secara khusus dibuat untuk mengenang sejarah terlupakan dari warisan Muslim selama 1.000 tahun terakhir.
Disarikan dari 1001 Inventions oleh Mvslim.com, berikut adalah 5 inovasi ilmuwan Muslim yang luar biasa dan masih digunakan hingga saat ini :

5 Inovasi Ilmuwan Muslim yang Masih Tetap Dipakai 

5. Mesin Terbang

Abbas ibn Firnas adalah orang pertama yang membuat upaya nyata untuk membangun sebuah mesin terbang dan benar-benar terbang. Pada abad ke-9 dia mendesain sebuah mesin bersayap yang kira-kira mirip kostum burung.
Dalam percobaan yang paling terkenal yang dia lakukan di dekat Cordoba, Spanyol, Firnas terbang untuk beberapa saat, sebelum jatuh ke tanah dan sebagian mencederai punggungnya. Desainnya menjadi inspirasi bagi seniman dan penemu Italia yang terkenal, Leonardo da Vinci, enam ratus tahun kemudian.


5 Inovasi Ilmuwan Muslim yang Masih Tetap Dipakai

4. Peralatan Bedah

Di abad ke-10, seorang ahli bedah modern bernama Abul Qasim Khalaf ibn al-Abbad al-Zahrawi menulis al-Tadrif. Buku tersebut merupakan sebuah ensiklopedia medis yang di dalamnya terdapat risalah 'Tentang Pembedahan'.
Ini adalah risalah pertama dalam sejarah kedokteran yang menggambarkan penggunaan instrumen bedah. Bahkan, desain mereka begitu akurat sehingga hanya mengalami sedikit perubahan dalam milenium. Gambar-gambar dalam risalah itulah yang meletakkan dasar-dasar untuk operasi bedah di Eropa.


5 Inovasi Ilmuwan Muslim yang Masih Tetap Dipakai 

3. Peta

Peta telah membantu orang menemukan lokasi yang akan dituju selama sekitar 3.500 tahun. Peta paling awal tercetak di sabak yang terbuat dari tanah liat. Tren melakukan perjalanan ternyata juga menimpa Muslim abad ke-7. Mereka segera mulai meninggalkan rumah mereka untuk melakukan perdagangan dan alasan agama, untuk menjelajahi dunia di mana mereka tinggal.
Mereka berjalan mengikuti rute, kadang-kadang hanya mengumpulkan pengetahuan tentang tempat-tempat baru. Dan ketika kembali, mereka menceritakan perjalanan mereka, termasuk orang-orang dan pemandangan yang mereka temui. Pertama kali dilakukan dari mulut ke mulut, tetapi dengan pengenalan kertas di Baghdad pada abad ke-8, peta pertama dan panduan perjalanan mulai diproduksi.

5 Inovasi Ilmuwan Muslim yang Masih Tetap Dipakai 

2. Musik

Apakah seniman dan penyanyi abad ke-20 tahu bahwa banyak dari karya mereka berada di tangan umat Islam dari abad ke-9? Para seniman ini, Al-Kindi khususnya, telah menggunakan apa yang disebut di kemudian hari dengan istilah notasi musik.
Mereka juga menamai catatan skala musik dengan suku kata, bukan huruf, yang disebut solmisasi. Suku kata ini membentuk skala dasar dalam musik saat ini dan kita semua pasti akrab dengan do, re, mi, fa, so, la, si. Huruf Arab untuk skala musik ini adalah Dal, Ra, Mim, Fa, Sad, Lam, Sin. Kesamaan fonetik saat ini dan huruf Arab yang digunakan di abad ke-9 begitu menakjubkan. Selain itu, umat Islam juga mengembangkan alat musik.



5 Inovasi Ilmuwan Muslim yang Masih Tetap Dipakai Karya Matematika Yang Berpengaruh Di Dunia Aljabar

1. Aljabar

Dream – Kata 'aljabar' berasal dari judul sebuah risalah matematika Persia terkenal abad ke-9 'Kitab al-Jabr Wa l-Mugabala' yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul 'The Book of Reasoning and Balancing'. Al-Khwarizmi memperkenalkan awal dari hitung-hitungan bernama aljabar.
Ide untuk merumuskan sistem hitung ini bahkan menjadi terobosan revolusioner dari konsep matematika Yunani, yang berdasarkan geometri. Al-Khwarizmi juga yang pertama yang memperkenalkan konsep bilangan berpangkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine