Jumat, 12 Desember 2014

5 Langkah Selamatkan Smartphone Yang Terendam Air

smartphone



Meskipun banyak smartphone generasi terbaru yang telah mengantongi sertifikasi anti air. namun beberapa smartphone juga masih benar-benar anti dengan air.
Tak sengaja menjatuhkan smartphone di kamar mandi atau kehujanan di jalan merupakan momok terbesar bagi pengguna ponsel selama ini. Daripada Anda menangisi ponsel Anda yang harus masuk ke tempat servis, lebih baik Anda lakukan 5 langkah pertolongan pertama terhadap ponsel basah sebelum memutuskan untuk menyervisnya.
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menyelamatkan ponsel Anda.

1. Segera matikan ponsel atau tablet Anda
Begitu Anda mengetahui ponsel Anda terjatuh ke air, tentu Anda dengan refleks segera memungutnya. Jangan hanya memungutnya, segera matikan ponsel Anda. Langkah ini dilakukan untuk menghentikan daya sebelum air memasuki panel komponen dan membuat hubungan pendek.

2. Keringkan bagian luar ponsel
Jika kadar basahnya masih bisa di toleransi, seperti kehujanan dari parkiran kantor, Anda bisa mengelap bagian luar ponsel dengan handuk halus seperti kain flanel pembersih kaca mata. Bersihkan bagian-bagian yang berpotensi sebagai jalan masuk air ke dalam ponsel seperti colokan usb, earphone, speaker dan microphone. Jangan lupa lepaskan bagian yang dapat dicopot seperti kartu SIM dan baterai serta keringkan juga bagian-bagian itu.

3. Siapkan paket silica gel (kantung penyerap kelembaban) dalam sebuah kantong
Anda bisa mendapatkan silica gel dengan mudah di toko-toko peralatan rumah tangga. Saat ponsel Anda basah, segera lepaskan semua casing , baterai, memori dan sim card Anda dan masukkan ke dalam kantung silica gel. Jika tidak, Anda bisa menggunakan beras sebagai pengganti silica gel. Metode ini dimaksudkan untuk menyerap kelembaban yang disebabkan air yang sudah masuk dalam ponsel.

4. Tunggu selama 72 jam
Setidaknya biarkan ponsel Anda benar-benar kering dalam kantung silica gel atau beras tersebut selama 3 hari agar air yang masuk dalam ponsel sudah benar-benar hilang.

5. Nyalakan kembali ponsel setelah 72 jam
Setelah Anda benar-benar yakin ponsel Anda bersih dari air, Anda bisa kembali menyalakan ponsel Anda. Jika ingin lebih yakin, Anda bisa mengarahkan hairdryer beberapa saat ke ponsel Anda dan mulai menyalakannya.
Jika Anda belum terlambat dan air belum merusak panel-panel ponsel Anda, maka Anda bisa menyalakan dan menjalankan ponsel Anda dengan fungsi normal. Tak berhenti disitu, karena pernah terkena air, beberapa bagian ponsel dalam waktu dekat akan mengalami korosi. Jika ponsel Anda kemudian mengalami gangguan, Anda tahu apa penyebabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine