Rabu, 07 Mei 2014

Ketahui 5 rahasia penting dalam menjaga kekuatan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah salah satu kunci kesehatan tubuh Anda. Sistem kekebalan tubuh bagaikan sistem pertahanan yang mampu membantu tubuh Anda dalam melawan virus, bakteri, dan mikroorganisme penyebab penyakit.

Berikut adalah kunci kesehatan yang harus Anda pegang untuk menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh seperti dilansir dari magforwomen.com.

Selalu makan makanan sehat
Umumnya, banyak orang yang cenderung tidak menjaga apa yang mereka makan sampai kemudian mereka jatuh sakit. Padahal cara terbaik agar Anda tidak mudah sakit adalah dengan selalu mengonsumsi makanan sehat dan segar. Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung zat antioksidan tinggi seperti seledri, apel, kembang kol, brokoli, dan paprika untuk membantu pertahanan sistem kekebalan tubuh yang baik.

Kurangi konsumsi daging merah
Daging merah memang tinggi akan protein. Namun mengonsumsinya terlalu banyak juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sehingga kurangi konsumsi daging merah dan ganti dengan produk unggas, makanan laut, atau kacang-kacangan untuk memenuhi asupan protein.

Minum banyak air
Air memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat membuat banyak racun dari dalam tubuh. Air juga dapat memberikan energi pada otot dan mampu menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Selain itu, hindari mengonsumsi minuman berkarbonasi yang dapat merampas cairan di dalam tubuh.

Perbanyak waktu istirahat
Sesibuk apapun jadwal Anda, usahakan untuk selalu menyisihkan waktu untuk beristirahat. Sebab tidur merupakan cara yang terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidur juga akan memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk melakukan regenerasi sel.

Ubah gaya hidup Anda
Stres, merokok, kurang berolahraga, dan pola hidup tidak sehat lainnya sebaiknya Anda kurangi. Sebab pola hidup ini dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah serta membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap serangan virus dan bakteri.

Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan seimbang memang tidaklah mudah. Namun hal ini harus Anda upayakan agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga dan Anda terhindar dari penyakit yang malah akan merugikan Anda nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine