Selasa, 01 Oktober 2013

HIDUP ADALAH BELAJAR (sampai mati) ..

Semenjak sepasang kaki ini telah mampu berpijak,

Semenjak tangan-tangan ini telah mampu menggapai menyentuh dan menggenggam,

Semenjak kedua mata ini mampu menyaksikan segala keindahan yang ada,

Semenjak hidung yang bertengger di wajah ini telah mampu membaui,

Semenjak kedua telinga ini telah dapat mendengar,

Semenjak otak yang mengisi ruang kepala telah mampu memainkan logika..berpikir dan mencari alasan untuk segala perbuatan,

Semenjak hati nurani telah mampu bergetar, tergerak, merasakan, memainkan perananannya,

Ya... Semenjak manusia memiliki hati...


Semenjak itulah pelajaran dimulai.Dan semestinya, semenjak itu juga setiap manusia mengambil hikmah dari apa yang telah dilaluinya.

Belajar..., sesungguhnya adalah mencoba memahami dan mengambil hikmah dari semua peristiwa yang terlintas, terekam dan terjadi. Karena hidup adalah belajar sepanjang hembusan nafas. Hidup adalah belajar setiap saat, kapanpun dan dimanapun kita berada juga diposisi mana kita ditempatkan. Dan belajar itu pun terkadang butuh tegas, butuh keras, butuh mengalah, butuh sabar, butuh menangis juga butuh memotivasi dan dimotivasi. 
Hidup adalah belajar. Belajar untuk menyelesaikan setiap teka-teki yang sudah disiapkan Allah buat kita. Belajar untuk bisa iqro’ bukan hanya ABCD atau abatatsa, tapi juga iqro’ atau membaca semua hal yang ada disekitar kita. Dan belajar berarti sebuah proses. Diperlukan kesabaran, keikhlasan dan sebuah perjuangan.. dan lagi-lagi kita harus kembali belajar. 

Hmm… lalu bagaimana jika terjatuh? Bagaimana kalau kesandung dan lain sebagainya? Jatuh bukan berarti gagal karena jatuh, kesandung dan kawan-kawannya menurutku juga bagian dari proses belajar. Masih ada harapan yang membentang, masih ada kesempatan yang membujur panjang bila kita mau untuk bangkit. Ketika hati terketuk saja untuk kembali bangkit, kemudian diikuti jerih payah gerakan fisik untuk kembali bangkit, maka itu adalah bagian dari kemenangan selanjutnya. Dan artinya kita sedang belajar,dan kembali belajar…

Jadi ingat lirik lagu… “Hidupmu indah bila kau tahu..jalan mana yang benar.. harapan ada harapan ada bila kau percaya…”, Ada betulnya lirik itu.. sekali lagi hidup adalah belajar. Belajar bagaimana memilih jalan kita. Mau dibikin indah atau tidak, manusialah yang memilih. Manusialah yang mau tahu atau tidak mau tahu. Bahkan Alloh pun telah memberikan kita pilihan dan mengajarkan kita untuk belajar memilih. Seperti dalam firmanNya di qur’an surah Asy Syams ayat 8.

Dan sungguh hadiah terindah dari Yang Maha Bijaksana ketika kita bisa merasakan lapis demi lapis kehidupan dan proses belajar…ketika kita sadar bahwa hidup ini indah..karena hidup adalah belajar.. hingga sampai pada peraduan terakhir yang menjadi tujuan perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine