Rabu, 03 April 2013

Senam Mata Agar Saraf Tidak Tegang

BERAPA lama Anda duduk di depan komputer hari ini? Kemarin? Lusa? Seberapa sering Anda bekerja menggunakan PC? Jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan Anda akan menemukan seberapa sering Anda membuat mata tegang. Risiko kerusakan jaringan mata pun membesar.

Berbagai masalah pada mata dikarenakan hilangnya kualitas pada otot mata. Gejalanya yaitu seseorang  tidak dapat fokus melihat jauh. Artinya, penglihatan Anda melemah.

Masalah lainnya, ketegangan pada mata itu sendiri. Selama Anda melihat pada layar, mata akan sangat tegang. Itu berarti mata Anda mengalami iritasi dan kering.

Tapi Anda tak perlu cemas. Senam mata bisa mengurangi ketegangan saraf pada mata. Silakan mencoba senam mata sebagai berikut:
1. Carilah posisi duduk yang nyaman. Tutup mata dengan telapak tangan. Jangan menekan bola mata. Cobalah untuk rileks dalam gelap selama tiga puluh menit. Tarik napas perlahan dan dalam setiap saat.

2. Duduk dalam posisi yang sama, lihat ke atas dan tahan selama lima detik, lalu lepaskan. Lalu lihat ke bawah dan tahan lima detik dan lepaskan. Lakukan pengulangan hingga lima kali.

3. Lihat ke kanan, tahan lima menit lalu lepaskan. Kemudian lihat ke kiri, tahan lima menit dan lepaskan. Ulangi pula hingga lima kali.

4. Tutup mata seketat mungkin, tahan lima detik dan lepaskan. Buka mata selebar-lebarnya, tahan lima detik, dan rileks. Ulangi lima kali.

5. Putar bola mata ke kanan, tahan lima detik dan rileks. Lalu ulangi yang sama untuk sebelah kiri.

6. Lihatlah ujung hidung. Biarkan dalam waktu tiga detik. Lalu lihat ke atas tanpa mendongakkan kepala Anda, tahan tiga detik, dan rileks. Ulangi lima kali.

7. Temukan beberapa objek di dekat Anda. Misalkan tombol keyboard. Fokus lihat tombol tersebut dalam dua detik, lalu alihkan pandangan ke luar jendela juga selama dua detik. Ulangi sepuluh kali.

8. Duduk pada posisi wala, lihat sekeliling. Secara bergantian Anda fokuskan mata pada meja, kursi, jam dinding, pintu, dll. Lakukan selama satu menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine