Kamis, 08 Maret 2018

5 Hal Produktif yang Dilakukan Pengusaha Setiap Harinya ..

Wanita pengusaha (enterpreneur). Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang menganggap bahwa seorang pengusaha biasanya menjalani hidup dengan lebih santai. Berbeda dengan karyawan kantoran yang sejak pagi sekali harus sudah bersiap untuk pergi ke kantor dan bekerja selama 8 jam per harinya.

Pengusaha, sejak bangun pagi saja dia masih bisa bersantai, hanya perlu mengecek akun sosial medianya, atau mengecek beberapa toko miliknya dan juga mengecek keuntungan yang mungkin sudah menumpuk di laci uangnya.

Jika Anda beranggapan demikian, sepertinya tidak selalu benar. Pengusaha yang sukses menjalani hari dengan penuh produktivitas dan kesibukan yang terkadang hampir sama seperti orang kantoran.
Para pebisnis hebat juga jarang bermalas-malasan, mereka cukup sibuk untuk mempersiapkan strategi bisnis apa yang akan mereka lakukan di tiap hari sebelum mulai menjalankan bisnisnya. Pengusaha sukses selalu melakukan hal-hal positif dan juga produktif.

Apa saja hal-hal produktif yang dilakukan pengusaha setiap harinya, berikut ulasanya:

Membangun Rutinitas

Rutinitas yang dilakukan oleh para pengusaha memiliki fungsi seperti disiplinya para karyawan untuk pergi bekerja. Rutinitas ini harus dibuat dan tidak bisa dipaksakan. Rutinitas juga harus disesuaikan dengan gaya hidup dan kebiasaan yang pengusaha tersebut jalani.

Para pengusaha ini harus membangun rutinitas setiap harinya. mereka harus membuat jadwal untuk mengelola usahanya sendiri. Tidak melulu harus dilakukan setiap hari, pengusaha tersebut bisa menentukanya sendiri sesuai dengan kesiapanya. Mereka juga memiliki prioritas yang harus dikerjakan dalam bisnis mereka setiap harinya.

Berolahraga 

Kegiatan olahraga identik dengan menjaga kesehatan tubuh seseorang. Namun, kegiatan olahraga ini memang cukup sering dilakukan oleh para pengusaha.

Mungkin Anda mengenal CEO dari beberapa perusahaan besar seperti Pepsi, Xerox, Apple mereka ini biasa mengawali hari dengan melakukan olahraga. Olahraga memang membuat jiwa dan tubuh kita menjadi lebih sehat, dan sebab itulah mereka merasa jauh lebih bersemangat dan produktifitas kerja mereka meningkat.

Evaluasi Kemajuan Anda

Para pengusaha juga biasa melakukan evaluasi. Evaluasi dari berbagai hal yang dia kerjakan, termasuk mengevaluasi hasil usaha dan evaluasi kemajuan yang telah dibuat.

Evaluasi ini sangat dibutuhkan untuk menentukan langkah selanjutnya yang harus diambil agar bisnis yang dijalankan jauh lebih maju. Contoh singkatnya, sebagai pengusaha Anda melakukan pengecekan pengeluaran selama 30 hari, agar dapat mengetahui arus keluar masuknya keuangan usaha Anda. Setelah itu, otomatis Anda akan bisa memproyeksikan keuangan untuk 30 hari ke depan.

Menghabiskan Waktu yang Berkualitas dengan Orang-Orang terdekat 

Seorang pengusaha sukses biasanya memiliki waktu yang cukup padat ketika menjalankan usahanya. Walaupun begitu, mereka ternyata tetap menyempatkan waktu untuk bersama keluarga dan orang-orang terdekatnya.

Bagi para pengusaha, sangat penting menjaga keseimbangan antara keluarga dan pekerjaanya. Rasa semangat dan objektifitas dalam bekerja diperoleh dari keluarga. Seorang pengusaha juga akan bekerja keras demi keluarganya.

Mempersiapkan Rencana Esok Hari

Dalam dunia bisnis, seorang pengusaha harus terbiasa untuk membuat rencana untuk hari berikutnya. Saat malam hari tiba, para pengusaha biasanya memikirkan rencana kerja yang akan dilakukan esok harinya.

Rencana kerja ini tidak hanya sekadar rencana, namun lebih nyata untuk langsung diaplikasikan di dunia nyata. Rencana kerja ini juga akan memberi arah dan tujuan untuk pekerjaan bisnis kita. Munculkan ide dan atur tujuan yang ingin diperoleh di hari berikutnya. Dengan begitu usaha akan makin terarah.

Lakukan Evaluasi Agar Bisnis Berjalan Lebih Baik

Menjadi seorang pengusaha yang sukses harus memiliki cerminan dari kebiasaan sehari-harinya. Seorang pengusaha harus selalu bersemangat dalam menjalani harinya, dan juga rajin melakukan evaluasi atas kekurangan dan kelebihan yang terjadi pada kegiatan bisnisnya. Lakukan evaluasi, kemudian buat rencana kerja bisnis yang lebih nyata, agar bisnis berjalan dengan lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine