Kamis, 05 September 2013

5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Daya Ingat

alam buku The New IQ, terungkap bahwa yang utama ternyata bukan ingatan jangka pendek tapi bagaimana kita bisa memulai memiliki daya ingat dalam durasi yang lama. Ini akan membantu dalam menjalani hidup lebih baik. Dan ternyata daya ingat ini bisa ditingkatkan, asal tahu bagaimana caranya.
1. Corat-coret. Hadir dalam rapat atau perkuliahan yang berdurasi lama kadang membuat konsentrasi dan ingatan membuyar. Otak tidak tahan dalam waktu yang lama dan seketika akan berhenti. Cobalah mencorat coret kertas atau apa saja, untuk memberi jeda. Bisa dimulai dengan mencoret apa saja, bisa juga dengan materi yang lagi disampaikan atau lainnya.
2. Membaca. Latihan terbaik untuk otak dan daya ingat adalah membaca. Setiap halaman dan chapter yang biasa dibaca akan mengendap dalam ingatan. Setiap kata, kalimat serta gagasan akan sangat berguna bagi otak, dan ada baiknya menantang diri selalu dengan buku, pengarang dan gaya penulisanbaru.
3. Masak tanpa lihat resep. Ketika memasak, cobalah lihat resep sekali dan tutup bukunya. Dan dengan ingatan yang ada cobalah memasak dengan menghapal apa saja bahan dan cara memasaknya. Ketika dibiasakan maka daya ingat akan bekerja lebih baik.
4 Menghirup aroma herbal rosemary. Tanaman satu ini sangat berkhasiat untuk daya ingat. Dengan menghirup baunya atau membiarkan baunya menyebar di ruangan. Tanaman herbal ini mengandung acetylcholie yang baik untuk daya ingat.
5. Cek facebook. Sebagai salah satu sosial media yang populer ternyata ada hal positif yang bisa diperoleh. Bayangkan setiap orang kerap menuliskan beragam status dan selalu mengganti datanya dengan yang baru. Melihat status ataupun informasi baru di facebook ini juga akan melatih daya ingat bila dilakukan terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine