Selasa, 14 Mei 2013

Ternyata Komputer Kita Punya Alamat di Internet!


Ilustrasi (Sumber: ZDNet)
Ilustrasi (Sumber: ZDNet)
SainsMe - Sehari-hari kamu tentu sudah tidak bisa lepas dari internet. Coba lihat, website apa saja yang sering kamu buka. Facebook, Twitter, Google, bahkan mungkin sains.me selalu kamu cek setiap hari. Barangkali kamu penasaran bagaimana bagaimana mereka bisa tahu bahwa komputer kita lah yang meminta atau mengirim data? Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya tiap komputer punya alamat di internet lho.
Perkenalkan, sebuah alamat yang digunakan di dunia maya yang bernama alamat IP.  IP yang merupakan kepanjangan dari Internet Protocol adalah alamat yang diberikan kepada tiap komputer dan perangkat lainnya yang terhubung ke suatu jaringan komputer tertentu. Jaringan komputer sendiri adalah serangkaian komputer dan perangkat lain yang saling terhubung dan dapat berkomunikasi. Bagaimana dengan internet? Ya, internet tak lain merupakan jaringan komputer skala besar dan menghubungkan semua IP di seluruh dunia.
Alamat IP yang banyak digunakan saat ini adalah IPv4. IPv4 ini tersusun atas empat angka, masing-masing bernilai antara 0 sampai 255, dan antar angka dipisahkan sebuah tanda titik. Contohnya adalah 192.168.0.1. Jika kamu ingin tahu alamat IP yang sedang kamu gunakan, coba kamu buka Command Prompt dan ketikkan ‘ipconfig’. Alamat IP kamu ada di bagian ‘IPv4 Address’.
Alamat ini nantinya digunakan sebagai identitas komputer atau perangkat kita di dalam jaringan. Jadi, setiap paket data yang dikirim melalui jaringan atau internet akan memiliki informasi alamat pengirim dan alamat tujuan. Alamat yang digunakan tak lain adalah alamat IP itu sendiri. Sehingga, jaringan akan tahu ke mana paket tersebut akan dikirimkan dan siapa yang mengirimnya. Nantinya, berbagai perangkat di dalam jaringan itulah yang mengantarkan paket tersebut ke alamat yang tepat. Mirip seperti surat biasa, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine