Selasa, 11 Oktober 2011

Menjadi Rata-Rata atau Memilih Luar Biasa?

Beberapa hari lalu dengerin suara empuk coach Tom Mc Ifle dari bonus audio CD dalm pake buku 7 Keajaiban Rezeki Ippho Santosa*Strongly advised to buy icon smile Average vs Outstanding * pak Tom bicara soal tindakan Outstanding yang membuat merinding ketika dia menjelaskan perbedaan antara Pecinta Kemenangan dan Pecinta Kegagalan.

Kalau ingin tau bagaiman beliau menjelaskan penyebab-penyebab betapa kegagalan tak pernah bosan hinggap dalam hidup kita, sangat saya sarankan beli buku 7 Keajaiban Rezeki dan dengarkan kasetnya. Ga bakalan rugi *kalo buat saya, tak pernah ada kata rugi untuk investasi buku*

Saya jadi ingat tahun akhir 2009 lalu pernah menulis artikel pengalaman yang cukup lucu. Waktu itu saya baru jadi (calon) pegawai n(e)geri sipil. Artikel itu berjudul Diprotes Pasangan Karena Menjadi Rata-Rata, silakan dibaca lagi kalau penasaran. Intinya saya menolak dituduh secara sepihak oleh pasangan saya–istri tercinta–sebagai manusia rata-rata mekanik tanpa ‘api semangat’ yang menyala terang.

Waktu itu saya tak menjelaskan bagaimana seharusnya orang yang tidak rata-rata atau outstanding person itu. Saya cuma cerita pengalaman pribadi saja, orang yang saya coba yakinkan itu istri sendiri kok ya icon smile Average vs Outstanding Jadi cukup cerita saja dengan bahasa sederhana insya Allah dia mengerti.

Tapi kali ini saya dapatkan yang agak-agak berbau ilmiah gitu deh penjelasannya. Bagaimana itu orang yang average vs outstanding person. Yuk dicek, barangkali semua kualitas berikut melekat dalam kepribadian pembaca budiman sekalian.

Average vs Oustanding

Ada pertayaan dari pak Campbell Urquhart , coba bayangkan seseorang yang menurut Anda biasa-biasa saja prestasi kerjanya. Lalu, bayangkan lagi seseorang yang prestasi kerjanya luar biasa, outstanding. Bagaimana cara membedakan kedua orang ini? Apa yang membuat mereka begitu berbeda?

Nah, pak Campbell ngasih jawaban berikut dari pertanyaan di atas. Bahwa ciri-ciri orang yang luar biasa dalam kehidupan itu memiliki karakter;

  1. Attitude, sikap yang selalu positif.
  2. Enthusiasm, antusias sehingga menularkan semangat kepada sekitar
  3. Confidence, percaya diri yang tidak membiarkan orang lain menjatuhkan keputusannya
  4. Technical knowledge, Pengetahuan teknis yang lengkap sehingga sangat kecil melakukan kesalahan.
  5. Communication skills, kemampuan berkomunikasi yang membuat orang lain merasa dihargai sehingga membuatnya orang yang sangat berharga.
  6. Self motivated, mampu memotivasi diri sendiri tanpa tergantung dengan lingkungan.
  7. Outgoing, Senang berbagi dengan sesama, tidak pelit dengan apa yang dimiliki, diketahui atau dikuasai sehinggamenjadikannya orang paling dicintai.
  8. Caring, kepeduliannya membuat orang tak akan pernah melupakannya.
  9. Good with all levels of people, tak pernah pilah-pilih teman dan mampu menyesuaikan diri dengan segala kalangan.
  10. Attention to detail, Tidak menganggap remeh detail karena berpotensi merusak keseluruhan rencana.
  11. Objective, menilai berdasarkan fakta dan pertimbangan rasional.
  12. Calm, Tenang dan menenangkan.
  13. Rational, Stok pengetahuan membuatnya menjadi orang yang bisa dipercaya dan dianggap sebagai ahli.

Nah, saya yakin pembaca budiman sekalian adalah outstanding person yang memiliki semua kualitas di atas icon smile Average vs Outstanding

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine