Senin, 02 April 2018

Studi: Belajar Musik Bantu Anak Tingkatkan Prestasi ..

Anak tampil di pertunjukan musik.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Bergabung dengan kelas musik, ternyata dapat membantu anak-anak meningkatkan kinerja akademik mereka. Para peneliti telah menemukan bahwa pelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, termasuk penalaran berbasis bahasa dan memori jangka pendek.

''Meskipun ada indikasi bahwa musik memiliki efek menguntungkan pada kognitif anak, musik menghilang dari kurikulum pendidikan umum,'' kata rekan penulis studi Artur Jaschke dari VU University of Amsterdam di Belanda, dikutip dari The Indian Express. Oleh karena itu, lanjut Jascjke, hal ini mengilhami mereka untuk memulai studi jangka panjang tentang efek yang mungkin terjadi dari pendidikan musik pada keterampilan kognitif, yang mungkin mendasari prestasi akademik.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers di Neuroscience tersebut, para peneliti melakukan penelitian dengan 147 anak-anak di beberapa sekolah Belanda. Mereka menggunakan metode musik terstruktur yang dikembangkan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan di Belanda, bersama dengan pusat ahli untuk pendidikan seni.

Semua sekolah mengikuti kurikulum sekolah dasar biasa, dengan beberapa dari mereka menyediakan kelas musik tambahan atau seni visual. Dalam hal ini, anak-anak diberi pelajaran teoretis dan praktis. Setelah 2,5 tahun, kinerja akademik anak-anak dinilai, serta berbagai keterampilan kognitif termasuk keterampilan perencanaan, penghambatan, dan memori.

Para peneliti menemukan, anak-anak yang menerima pelajaran musik memiliki peningkatan kognitif yang signifikan dibandingkan dengan semua anak lain dalam penelitian ini. Kelas seni rupa juga menunjukkan manfaat. Anak-anak di kelas-kelas ini secara signifikan meningkatkan memori jangka pendek visual dan spasial, dibandingkan dengan siswa yang belum menerima pelajaran tambahan.

Anak-anak yang menerima pelajaran musik menunjukkan peningkatan penalaran berbasis bahasa dan kemampuan untuk merencanakan, mengatur dan menyelesaikan tugas, serta peningkatan prestasi akademik. ''Ini menunjukkan bahwa keterampilan kognitif yang dikembangkan selama pelajaran musik dapat mempengaruhi kemampuan kognitif anak-anak dalam mata pelajaran yang sama sekali tidak terkait, yang mengarah ke peningkatan kinerja akademik secara keseluruhan,'' tambah Jaschke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine