Senin, 05 Maret 2012

Hubungan Cinta Bisa Kendalikan Tekanan Darah

Punya pasangan memang membahagiakan. Dan, kebahagiaan ini tidak hanya memberikan kebaikan bagi pikiran Anda yang lebih mudah menjauhi stres. Karena, menurut sebuah studi, hubungan cinta juga turut memberi andil dalam menormalkan tekanan darah.

Faktor kenyamanan dan ketenangan saat berada di samping pasangan, dinilai menyumbang penurunan tekanan darah. Ketika tekanan darah normal, maka seseorang lebih terjaga emosinya dan tidak mudahmarah. Sehingga, orang yang punya kekasih dan selalu menjaga hubungan itu dengan baik, akan memiliki tekanan darah yang lebih baik dibanding mereka yang menjomblo.

Penelitian yang dilakukan Brooks Gump dari State University of New York menegaskan hal tersebut. Sejumlah 120 responden yang dilibatkan, baik yang jomblo atau sudah berpasangan, menunjukkan hasil tekanan berbeda setelah dilakukan pengamatan selama enam bulan. Mereka yang punya pasangan lebih normal tekanan darahnya dibanding yang masih melajang.

Gump mengatakan, barangkali penurunan tekanan darah tidak terlalu drastis. Namun, ini sebuah langkah bagus untuk mengendalikan tekanan darah. Biasanya pasangan yang jarang bertemu atau bermasalah pada hubungannya, ada peningkatan tekanan darah.

“Saat hubungan mengalami masalah, orang-orang cenderung menghindari pasangannya. Tapi tekanan darahnya akan kembali turun setelah mereka bertemu,” kata Gump dikutip ABC News.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine