Selasa, 02 Agustus 2011

Welcome - Introduce of Maicih ..

#maicih berdiri pada pertengahan tahun 2010 di Bandung tepatnya tanggal 29 Juni. Didirikan oleh pria kelahiran 29 September 1987 bernama Reza Nurhilman yang akrab disapa AXL29.

Awalnya Axl memiliki ide untuk bergerak di bidang pangan dan memasarkan #maicih lewat door-to-door dan mouth-to-mouth untuk memperkenalkan pada saudara dan teman terdekat. Setelah 2 bulan berjalan Axl menemukan cara yang unik untuk memasarkan #maicih lewat twitter dan chatting bersama orang-orang. Ternyata kekuatan twitter sangat kuat dan orang-orang mulai memperbincangkan #maicih.

Mulai membentuk sistem jendral (distributor) #maicih yang dipakai sampai sekarang lalu terbentuk account @infomaicih yang awalnya dibuat oleh #icihers untuk mengetahui keberadaan produk #maicih, namun #icihers tersebut lama kelamaan menjadi sangat cooperative dan menjadi sarana bagi #icihers lain agar lebih mudah untuk mendapatkan produk #maicih dan memperlancar jendral berjualan dengan memberikan info-info terkini seputaran #maicih termasuk jadwal “gentayangan” para jendral #maicih.


Maicih Maicih Maicih bacot lo cil..


eits sante dulu dong braw, gue mau nge post sesuatu makanan ringan dari Indonesia aseli dari Bandung. ini adalah kripik tapi bukan kripik biasa, elo elo kalo makan ini pasti makjeger boom boom pow rasanya pengen bawa minum segalon kemana-mana. aseli enak abis!rasanya cukup waw.. jebakan betmen banget yeah sial.

Maicih ini emang tempatnya suka ngga tepat jadi semacam mobil jualan itu loh jadi kalo sekali disini besoknya pindah kadang pindahnya juga ngga kira-kira. biar tau informasi informasi penjualannya terus lo emang ngebet pengen banget nget nget nget coba deh follow@infomaicih jangan pelit-pelit follow-nya ikhlasin laah ehehe.. itu twitter asli yang jualan kripik sadap maicih ya jangan salah follow.


Itu cover dari bungkus keripik maicih ya,jadi kalo lo beli yang ngga ada cover maicih berarti itu cupaw alias kw kaga ori.


Maicih ada 3 macem : Keripik biasa,Seblak (pedes mayan), Gurilem (pedes sadap)

Buat yang tadinya ngga ngeh apa itu maicih sekarang lo tau kan maicih itu apaan ? well, kalo elo emang ngaku dan berani nyoba yang namanya keripik super duper sadap dari maicih lo cobain deh tuh Gurilem, dan kalo emang lo nge-fans berat dan udah terbiasa makan maicih terus ngga bosen-bosen untuk memasukinnya kedalam perut lo, jadi deh lo #icihers fansnya maicih.

ternyata ngga cuman orang aja punya fans, makanan juga brew ada sebutannya pula widiw gahoel yea -_-"

so, kalo lo masih mau tau lebih lanjut gimana ekspresi muka orang yang nyobain ini keripik super sadap nih : Maicih Road To Bukan Empat Mata


gimana? penasaran kan ? langsung aja follow tuh @infomaicih jangan yang lain okay! selamat bericih-icih :p


Maicih Bikin Tericih-icih

Di jagat twitter belakangan lagi rame soal Maicih. Dia bukan selebritis, politisi apalagi anak alay. Tapi yang jelas dia hanya ikon, seorang nenek-nenek pastinya. Dari namanya pastinya Maicih berdarah Sunda.

Tapi bukan sosoknya yang akan saya ceritakan. Maicih sendiri adalah sebuah brand, tepatnya merk dagang kudapan alias snack rakyat dari Bandung sana. Apa hebatnya sampai saya perlu memposting soal brand seperti Maicih? Mungkin ada yang beranggapan namanya kok terdengar agak ‘ngampung’ gitu. Kok gak dibikin biar terdengar berkelas dan mengglobal macam JCo, Sour Sally atau Kebab Baba Rafi?

Soal nama biarlah jadi rahasia si pemilik brand, yang jelas merk ini sesuai dengan barang dagangannya yang menjajakan kudapan rakyat macam kripik dan kerupuk gurilem. Sebenarnya dagangan Maicih bukan sesuatu item produk yang baru. Kripik dari jaman rekiplik sudah ada di seluruh dunia. Bahkan kini kripik singkong, misalnya naik pangkat. Dari yang semula hanya ada di kaki lima, kini banyak diproduksi perushaan snack besar.

Kekhasan produk Maicih tak lain dari rasanya yang pedas. Untuk membedakan dengan produk sejenis, Maicih diberi tingkat kepedasan atau level, mulai dari 1 yang pedasnya biasa hingga level 10 yang super edun pedasnya. Konon dari ke-10 level, hanya level 3 dan 5 yang paling disuka pelanggan. Sementara level 10 hanya sesekali dikeluarkan dan dilabeli sebagai limited edition. Unik kan.

Pemasaran produk ini berbeda dengan kudapan unik kota Bandung lainnya. Calon pelanggan hanya bisa mengetahui dimana Maicih gentayangan tiap harinya melalui situs microblogging Twitter. Tiap hari @InfoMaicih akan memberi kabar di mana produk Maicih bisa didapatkan.

Tim pemasaran Maicih yang disebut sebagai Jenderal, akan menjual produk Maicih di lokasi-lokasi tertentu. Mulai dari kampus, kantor atau tempat keramaian lainnya. Pendek kata, tak ada yang abadi sebagai tempat membeli produk Maicih. Mereka selalu mobile sesuai posisi para jenderal.

Untuk menjadi jenderalnya Maicih pastinya ada seleksi khusus. Selain diinterviu, calon jenderal juga diwajibkan akrab dengan social media seperti twitter. Dan tentunya punya gadget agar selalu update perkembangan Maicih.

Cara pemasaran yang cukup unik ini terbukti mendongkrak nama Maicih di jagat twitter. Banyak yang penasaran seperti apa produk Maicih gara-gara membaca kicauan pengguna Twitter yang bersliweran tiap saat. Dan biasanya mereka yang sudah merasakan kripik setan Maicih pastinya bakal tericih-icih alias kepedasan.

Dan puncak ketenaran Maicih adalah saat produk ini ikutan nangkring di program Provocative Proaktif-nya @Pandji di Metro Tv. Produk ini kemudian diburu. Dan jika sudah berhasil membeli, biasanya para Icihers (sebutan bagi Icih lovers) bakal memajang foto bersama produk hasil buruannya di twitter. Ada nuansa petualangan sepertinya ditawarkan oleh Maicih.

Kesuksesan Maicih selain dipasarkan dengan cara tak biasa, yakni melalui jaringan twitter dan para jenderal, juga karena mengemas produknya secara berbeda. Selama ini seingat saya belum pernah ada snack yang menawarkan tingkat (level) kepedasan yang beragam seperti yang ditawarkan Maicih.

Keberhasilan Maicih juga saya kira lantaran tim di balik layarnya berhasil mengawinkan produk lokal yang jadul dengan unsur kekinian (teknologi informasi, twitter). Mereka sukses mempraktekkan “think locally act globally”. Berpikir produk lokal dengan cara global.

Setelah tenar dan membuat demam, konon produk Maicih kini mulai ditiru para pesaingnya. Namun sejauh ini para follower Maicih belum menggunakan cara pemasaran seperti yang digunakan Maicih di twitter.



WASPADA !!!

Hati-hati produk Maicih hanya dijual di Jendral dan tempat yang diinfokan melalui twitter @infomaicih PERHATIAN: Hati-hati terhadap oknum-oknum yang menawarkan untuk menjadi Jendral atau Tim Jendral. Rekrutmen Jendral Dan Tim Jendral resmi hanya melalui Akademi Jendral Maicih Terimakasih atas perhatiannya. Maicih Management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The World Its Mine