bermesin
 ducati monster 796 gacoan terbaru ducati yang merupakan reborn aka 
kebangkitan kembali dari versi ducati scrambler lama ini tentu akan 
mengobati rasa haus pecinta scrambler……
kata kunci dari ducati scrambler 796 2014 adalah……
• 796cc air-cooled V-twin
• 75bhp / 50.2lbft
• Four versions
• Full LCD dash
• Custom-friendly
• 75bhp / 50.2lbft
• Four versions
• Full LCD dash
• Custom-friendly
ducati akhirnya meluncurkan new ducati 
scrambler 796 di cologne germany dalam ajamh intermot 2014. sekedar 
flashbac nih om, scrambler model pertama tidak lagi diluncurkan sejak 
1968 silam, namun dengan adanya tren retro sekarang oleh pasar.. 
makadari itu ducati melakukan langkah berani untuk mereborn sang kakek….
berbekal dapur pacu 803 cc dari mesin 
ducati monster796 yang dibody retro, tentu kesan vintage terasa namun 
mesin performanya luar biasa……
mesin besar itu dipegang oleh sasis unik 
serta tangki bahan bakar dari bajaj yang unik, USD unik, monoshock, 
swingarm ala monster 795, velg model baru, serta tak lupa gaya retro si 
scrambler terkena sentuhan era modern yakni lampu depan LED, rem ABS, 
tentu memberikan riding quality serta riding experience yang asikk….
ternyata mesin scrambler 2015 ini tidak 
mentah diambil dari monster 796 melainkan ada perombakan dibagian 
camshaft guna mengubah kurva agar sesuai untuk si scrambler ( entah 
gimana modelnya kurvanya, mungkin lebih kearah stop n go cmiiw )
mesin 803 cc ini mampu membangkitkan 
power puncak di mesin sebesar 75 HP pada kitiran 8250 Rpm tentu sebuah 
angka yang besar dibanding sang kakek, tosrinya pun bengis yakni 68.06 
Nm pada kitiran 5750 rpm saja, wah colek dikit ngesot ini mah…. mesin V 
twin ( mungki L twin ducati kali yak? :roll:
 ) menggunakan satu buah throtle body dengan 2 injector bahan bakar……. 
desainer ducati pasti putar otak mengingat tangki bahan bakar yang kecil
 namun kudu menggunakan sistem injeksi di ducati scrambler 796 terbaru..
 hal ini bisa teratasi dengan  berbagai trik..
soal harga, belum jela smas bro, namun 
gosipnya sih 8000 euro saja, atau setara Rp. 123.188.780 saja, weleh2 
murah meriah ya diluar negeri, sampai sini mungkin Rp. 250 sampai 300 
jutaan saja,, josss nan…….
teknologi di ducati scrambler 796
Lampu
lapu depan yang bulat memang dikira cuma 
headlamp model senter pake bohlam namun……ducati memadukan model jadul 
ini dengan penyematan teknologi LED diluar bohlam utama yang disebut 
ducati yakni “halo: sima foto dibawah
bukan hanya lampu depan dikasih LED, tail Light pun mengadopsi led 
sebanyak 18 buah, 12 led untuk lampu rem, dan 6 buah led buat lampu 
posisi/ pelat nomer
Jam
scrambler masih menggunakan jam/ clock 
dibagian meter, namun dengan sentuhan kemodern an zaman, ducati 
memngunakan meter LCD….. dengan banyak gitur seperti odometer, 
tripmeter, tachometer, indikator bahan bakar, suhu udara, service 
reminder, indikator cadangan bahan bakar serta indikator ABS..
masih kurang? ada juga indikator tekanan 
oli, lampu indikator kerusakan mesin/ injeksi, indikator netral, ndiator
 sein, immobilizer serta lampu peringatan jika masuk redline…
Informasi lain termasuk mesin tekanan 
minyak peringatan ringan, indikator lampu jauh, indikator netral, 
mengubah indikator sinyal, immobilizer dan over-rev lampu peringatan.
suspensi
scrambler yang simple tidak boleh terlalu
 rumit.. yaps ducati berjuang keras supaya scrambler tetap terasa jadul 
meskipun menggunaan USD depan dan monoshock. USDnya sendiri menggunaan 
as shock berdiameter 41 mm dan monoshock yang semuanya buatan KAYABA ( 
KYB )…. oh iya suspensi depan belakang bisa di set dengan preload..
Roda dan ban
velg racing alumunium palang 10 dengan 
ukuran 3×18 dibagian depan serta 5.5×17 memang unik… ban pun memakai ban
 ala enduro menggunakan Pirelli MT60 dengan ukuran de[an 110/80/18 dan 
belakang 180/55/17 yang menambah kesan retro…ban ini diktakan mcn 
diproduksi ekslusig untuk scrambler..
Frame
Ducati Scrambler menggunakan rangka unik 
dari baja yang diklaim stabil nan lincah…. rake 24 derajat serta offset 
112 mm nampaknya bikin posisi berkendara nyaman ditambah setang lebar 
dan raiser , cocok nih buat touring…
memiliki twin spar baja bingkai teralis 
unik untuk Scrambler dan ditujukan untuk menjadi stabil kurang 
pengendara berpengalaman, tapi juga mengajarkan dan lincah cukup untuk 
menyimpan lebih pengalaman pengendara terlibat.
Rem
scrambler itu menganut sistem sederhana 
supaya kesan retronya terjaga, untuk urusan rem pun supaya terlihat 
jaman dulu cuma pake satu keping cakram ukuran 330 mm yang dijepit oleh 
caliper brembo monoblock 4 piston yang dikunci  radial mount di usd…
sedangkan rem belakang mengunakan single disk 245 mm yang dicengkeram kuat oleh caliper piston tunggal ber bore 32 mm :D … rem depan belakang di kendalikan dengan ABS buatan Bosch 9.1MP AMS two-channel .
mudah di modip..
ducati mempermudah pengaplikasian modip 
kedepannya , mengingat genre ini penggunaknya suka kustom… kayak apa 
yak? tunggu aja pas launching :D
3 versi ducati scrambler…
Scrambler Urban Enduro
cirinya spakbor depan tinggi, lampu di kasih grill, stang cross brade dan roda depan bervelg jari-jari…
logo di tangki berbeda serta dikasih pelingdung USD..
Scrambler Full Throttle
versi gass pollll  tersinpirasi dari dunia balap jadul… tangki bahan bakar hitam dikasih sedikit motif kuning…
versi gass pol ini menggunakan knalpot 
termignoni yang tersertivikasi aman di gunakan dijalan raya..dengan 
knalpot ini tenaga makin bringas dan tentu suara lebih kencang daripada 
versi std…
Scrambler Classic
ini versi klasik/ original scrambbler dengan mudguard dari logam,
Scrambler Klasik
Ini adalah sepeda yang ditujukan untuk menciptakan tampilan Scrambler asli, dengan mudguards logam, plat nomor tradisional, roda spoked dan Scrambler logo klasik pada tangki.
Ini adalah sepeda yang ditujukan untuk menciptakan tampilan Scrambler asli, dengan mudguards logam, plat nomor tradisional, roda spoked dan Scrambler logo klasik pada tangki.
motif jahitan di jok makin memperkuat rasa retroo
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar